Renungan Ramadhan

  • Whatsapp
Miftahus Surur, S. Ag.,M. SI

(oleh Miftahus Surur,  SAg., M.SI)

 

Bacaan Lainnya



Kabar gembira bagi siapapun umat Islam yang menjalankan ibadah pada bulan ramadhan. Apa sajakah kabar gembira itu?

  1. Mendapat ampunan Allah SWT. Imam Bukhari dalam kitabnya mencantumkan sebuah hadits shahih disampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap ridho Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

  1. Doa orang yang berpuasa itu mustajab (Diijabah oleh Allah SWT).  Rasulullah SAW bersabda: “Terdapat tiga kelompok yang tidak akan ditolak doanya, yaitu: imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doanya orang yang didzalimi.” (HR Ahmad)

  1. Memperoleh derajad sebagai muttaqin. Hal ini jelas disampaikan oleh Allah SWT dalam QS Al-Baqarah; 183. “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

  1. Bau mulut kita sangat dicintai oleh Allah SWT. 

Jangan khawatir bagi kita yang bau mulutnya saat puasa itu aduhai, bahkan lalat pun ikut mengerubungi, tenang saja itu lebih disukai oleh Allah swt. 

Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak (parfum) kasturi.” (HR. Muslim)

  1. Mendapatkan pahala khusus. Beberapa ulama menyebutkan bahwa saking khususnya pahala ini, sampai-sampai tidak ada batas hitungannya. Wooow… 

Rasululullah SAW bersabda: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh Manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan hingga 700 kali lipat. KECUALI amalan PUASA. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya.” (HR. Muslim)

  1. Mendapatkan Syurga Ar-Rayyan. Setiap kita pasti merindukan syurga. Nah, bagi yang puasa akan dijanjikan jalur khusus, yaitu Ar-Rayyan itu. 

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di syurga ada suatu pintu yang disebut Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu itu pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya…..” (HR Bukhari & Muslim)

  1. Dijauhkan dari api neraka. Terdapat hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudriy bahwa : “Tidak ada seorang pun yang berpuasa satu hari saja karena Allah SWT, melainkan Allah SWT akan menjauhkan wajahnya dari api neraka dengan jarak 70 tahun.”

Akhirnya, mudah-mudahan ketujuh-tujuhnya ini akan kita peroleh. Jadi, jangan sampai tidak puasa ya… _Wallahu a’lam bisshowab.



Pos terkait