Riana Sari Ajak Gunakan Produk Kerajinan Lampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari mengajak masyarakat Lampung bangga menggunakan produk kerajinan Lampung menyusul dikenakannya kain tapis Lampung oleh tokoh nasional dalam Musyawarah Nasional (Munas) Dekranas Tahun 2020.

Dalam Munas itu, kain tapis Lampung dikenakan oleh Nanny  Istri dari Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Bacaan Lainnya



Munas sendiri diikuti oleh jajaran Dekranasda Provinsi Lampung, melalui virtual zoom, di Command Center, Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Rabu (19/8).

Munas tersebut diikuti peserta dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan mendapat arahan langsung dari Ketua Dekranas Pusat Wury Ma’ruf Amin.

Munas kali ini mengusung tema “Segi positif pandemi Covid-19: momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0”

Tema yang diangkat pada Munas tahun ini, sangat kontekstual dan relevan dengan kondisi saat ini.

Sebab, dalam rangka meningkatkan produksi kerajinan, diperlukan fasilitasi dan pembinaan kepada para pengrajin yang mempunyai peran penting dalam membantu pemerintah untuk menghasilkan kerajinan asli daerah.

Dalam arahannya Hj.Wuri mengatakan bahwa pandemi covid-19 memaksa semua orang untuk mengubah kebiasaan sebelumnya. Misalnya saat ini masyarakat cenderung menghindarkan aktivitas yang melibatkan kontak fisik secara langsung, hal itu dilakukan sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19.

“Melihat situasi yang ada saat ini, pandemi Covid-19 membawa dampak langsung pada sektor kerajinan secara signifikan. Penjualan barang kerajinan selama ini dilakukan dengan cara bertemu langsung, dan belum optimal memanfaatkan teknologi digital. Maka, kondisi saat ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital,” ujar Hj.Wuri.

Hj. Wuri menambahkan bahwa Dekranas harus terus mendorong para pengrajin untuk melakukan inovasi digital, misalnya dalam hal pemasaran dengan memanfaatkan platform online.

“Dengan pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas dalam pemasaran produk kerajinan. Kita juga dapat membantu industri kecil menengah atau UKM dalam melakukan adaptasi dengan kebiasaan baru saat ini,” ujarnya.

Ketua Dekranas juga mengajak seluruh anggota Dekranas dan Dekranasda mendukung program pemerintah di antaranya Kampanye Bangga Buatan Indonesia. Kampanye ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan kebanggaan masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. (*/mlo)



Pos terkait