Riana Sari Buka Lomba Masak Serba Ikan di PKK Agro Park Sabah Balau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari membuka Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di PKK Agro Park, Sabah Balau, Lampung Selatan, Sabtu (3/4).

Kegiatan ini diikuti oleh TP. PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya,Riana Sari menjelaskan bahwa berdasarkan data Survey Status Gizi Balita Indonesia tahun 2019, prevalensi stunting pada balita di Provinsi Lampung sebesar 26,26 %. 

“Ini sudah berada di bawah rata-rata nasional sebesar 27,67 %. Tapi harus tetap menjadi permasalahan serius karena masih di atas standar minimal WHO sebesar 20 %, apalagi jika memperhatikan target nasional di tahun 2024 sebesar 14 %,” jelas Riana.

Peningkatan konsumsi ikan memegang peranan penting dalam peningkatan status gizi masyarakat dan kualitas sumber daya manusia. 

“Di sisi lain, peningkatan konsumsi ikan juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya ekonomi para nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan melalui optimalisasi potensi pasar dalam negeri,” jelasnya.

Melalui Lomba Masak Serba Ikan ini, Ibu Riana Sari Arinal berharap dapat memotivasi menciptakan kreasi-kreasi menu berbahan ikan yang disukai masyarakat khususnya ibu hamil dan anak-anak, mudah pengolahannya, serta bergizi tinggi. 

“Dengan mengkonsumsi ikan, kita harapkan anak-anak kita akan lebih cerdas dan aktif karena dalam ikan terkandung omega 3, asam amino, vitamin dan mineral yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak,” ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Ibu Riana Sari meminta agar mengoptimalkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan Kecamatan sebagai wadah untuk mensinergikan program dan kegiatan serta peran aktif seluruh pemangku kepentingan dalam peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Lampung. 

“Kemudian, seluruh kader PKK harus menjadi pelopor dalam kampanye gemar makan ikan khususnya bagi ibu hamil dan balita sebagai upaya peningkatan status gizi masyarakat. Karena nasib negara ini di masa depan, sangat tergantung dari kualitas anak-anak kita saat ini,” jelasnya.

Menurut Riana, kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba untuk menciptakan kreasi menu baru, tetapi ke depan diharapkan juga dapat menjadi peluang bisnis baru dan peningkatan ketahanan keluarga dari sisi ekonomi.

“Apalagi jika kita melihat potensi produksi ikan tangkap dan budidaya di Provinsi Lampung yang sangat berlimpah,” tambahnya.

Lebih dari itu, Riana Sari menuturkan bahwa Lomba Masak Serba Ikan kali ini sengaja diselenggarakan di Agropark PKK. Ke depan, secara bertahap Agropark PKK ini akan menjadi salah satu destinasi eduwisata unggulan di Provinsi Lampung. 

“Sebelum memasuki bulan Ramadhan, mudah-mudahan sudah bisa dilakukan panen dan penjualan sayur mayur. Dan pada saat hari raya, insya Allah melon, semangka dan labu juga sudah siap panen, sehingga bisa menjadi alternatif wisata keluarga,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari menyerahkan secara simbolis Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) sebagai tanda dimulainya Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang rencananya akan dilaksanakan di empat kabupaten/kota.

Sementara itu, Plt Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Lampung Sutaryono menjelaskan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan pada hari ini adalah upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan yang merupakan salah satu implementasi program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan/Gemarikan.

Adapun maksud dan tujuan dari penyelenggaraan Lomba Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 yaitu Memperkenalkan ragam pangan unggulan lokal dari berbagai hasil perikanan, Meningkatkan keterampilan memasak para peserta, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. 

Adapun yang keluar sebagai juara pada Lomba kali ini, yaitu juara 1 dari TP PKK Lampung Tengah, juara 2 dari TP PKK Metro, juara 3 dari TP PKK Tanggamus.

Kemudian, juara harapan I dari TP PKK Lampung Selatan, juara harapan II dari TP PKK Tulangbawang Barat, dan Juara favorit dari TP PKK Lampung Utara. (*/mlo)


Pos terkait