Riana Sari Lantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Lampung Selatan

  • Whatsapp
Ketua Umum TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari melantik Winarni sebagai ketua TP PKK Lampung Selatan.

Medialampung.co.id – Ketua Umum Tim Penggerak PKK (TP PKK) dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari

melantik Winarni, istri dari Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto sebagai ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) dan ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan sisa masa bakti 2016-2021, di Gedung Pusiban, Selasa (12/5).

Bacaan Lainnya



Tampak hadir dalam pelantikan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Bupati Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, serta jajaran pengurus TP PKK dan Dekranasda Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan.

Riana mengucapkan selamat kepada Winarni  atas pelantikannya dan berharap agar dapat mengemban amanah dengan baik serta mampu membantu mewujudkan visi dan misi juga membantu menyelesaikan pekerjaan rumah bupati Lampung Selatan yang baru saja dilantik di sisa masa jabatannya.

Riana menjelaskan, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat yang dimotori oleh para perempuan. 

TP PKK dan Dekranasda keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

Bedanya, TP PKK melalui pemberdayaan keluarga sedangkan Dekranasda melalui pembinaan usaha kerajinan masyarakat. 

“Keberadaan TP PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga demi pembangunan kesejahteraan masyarakat yang menjadikan keluarga di pedesaan dan perkotaan sebagai sasaran utama,” jelasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Riana meminta beberapa hal untuk menjadi perhatian Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Lamsel antara lain, menciptakan inovasi dan terobosan dalam upaya pemulihan dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19, mengupayakan program pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Lampung Selatan terintegrasi berbasis desa dengan mengoptimalkan fungsi TP PKK Kecamatan, Desa, dan Dasa Wisma serta sinergi antar OPD dapat dilakukan. 

Selain itu pelaksanaan Posyandu, pendidikan anak usia dini serta bina keluarga balita agar menjadi prioritas khusus.

“Kemudian, penanggulangan kemiskinan dengan memprioritaskan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga, serta pembinaan kepada usaha kerajinan masyarakat menjadi satu hal yang harus dilakukan secara terintegrasi oleh TP PKK, Dekranasda, dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan,” kata Riana.

Di penghujung sambutannya, Riana mengungkapkan bahwa pelantikan hari ini merupakan momentum yang tepat untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan yang sejahtera, berdaya saing, mandiri, dan berakhlak mulia.

Untuk itu Riana berharap kepada seluruh pengurus TP PKK dan Dekranasda agar dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah serta memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil. 

“Kepada seluruh anggota TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan kami harapkan dapat meningkatkan etos kerja, kebersamaan, dan profesionalisme sehingga TP PKK dan Dekranasda akan menjadi organisasi yang solid, kreatif, dan inovatif. Untuk itu mari kita melangkah bersama-sama, saling mengisi, bersinergi, dan menjalin hubungan koordinasi yang harmonis sehingga visi dan misi Gubernur Lampung untuk menciptakan masyarakat Lampung Berjaya dapat terwujud,” tutup Riana. (*/mlo)



Pos terkait