Ringinjaya Miliki Potensi Wisata Arung Jeram Sepanjang 1,2 Kilometer

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Ringinjaya Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat, ternyata menyimpan potensi pariwisata yang menjanjikan. Salah satunya potensi wisata arung jeram yang memiliki rute start hingga finish sepanjang 1,2 kilometer.

Sugeng—sapaan Sugeng Hari Kinaryo Adi mengungkapkan, melihat adanya potensi yang belum terkelola tersebut, ia bersama dengan karang taruna pekon, masyarakat dan juga aparat pemerintahan pekon setempat melakukan musyawarah dan menghasilkan kata mufakat bahwa potensi tersebut akan dikelola.

Bacaan Lainnya

”Arung jeram tersebut berada di Sungai Lebuhan, panjang rute 1,2 kilometer, kami sudah melakukan musyawarah dan masyarakat sangat antusias dengan rencana dibukanya wisata alam arung jeram tersebut,” ungkap 

Menurutnya, potensi tersebut sangat potensial untuk dikelola, karena mulai dari start yang berada di bawah jembatan jalan utama, kemudian lokasi finish yang berada di muara sungai Waysemangka bisa dengan mudah dijangkau dengan kendaraan, selanjutnya untuk kondisi sepanjang rute arung jeram juga sangat menantang, namun aman dan tidak berbahaya.

”Kami sudah melakukan susur sungai dan terdapat puluhan jeram Sungai Lebuhan sangat cocok bagi para penghobi Rafting dan olahraga yang menantang, karena itu saya mendorong agar segera dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan segera melakukan terobosan untuk mengelola potensi tersebut,” kata Sugeng.

Dengan nantinya potensi wisata tersebut dikelola dengan baik, lanjut dia, maka tentunya diharapkan akan berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat setempat yang sebagian besar hanya mengandalkan hasil pertanian khususnya kopi.

”Jika dikelola dengan baik, maka kedepannya akan banyak dampak positifnya, mulai dari menjadi pemandu, menjadi pedagang, ojek, hingga dampak positif lainnya yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait