Rp22,420 Miliar untuk Kecamatan BNS dan Suoh

  • Whatsapp
Kepala Bappeda Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si

Medialampung.co.id – Kabar gembira bagi masyarakat di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lambar. Pasalnya, tahun ini pemkab setempat akan mengucurkan dana puluhan miliar untuk dua kecamatan tersebut.

“Pemerintah daerah tahun ini akan mengalokasikan dana sekitar Rp22,420 miliar lebih, rinciannya Kecamatan Suoh Rp5,517 miliar lebih dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh Rp16,902 miliar lebih,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Jumat (26/2).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dana Rp22,420 miliar lebih yang bersumber dari APBD dan dana alokasi khusus (DAK) itu khusus untuk kegiatan fisik saja, belum ditambah kegiatan non fisik. 

“Dengan digelontorkannya dana puluhan miliar tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta mendukung terwujudnya Kabupaten Lambar Hebat,” kata dia.

Dijelaskannya, sejumlah kegiatan fisik yang akan dilaksanakan di Kecamatan BNS, antara lain untuk peningkatan jalan Pekon Balak (Segmen Hantatai), peningkatan jalan Trimekar Jaya Bandaragung, peningkatan jalan kabupaten di Pekon Sidorejo, pembangunan jalan Sukajadi Muara Man Bandarnegeri Agung, pembangunan jalan Sukajadi Ringinjaya, peningkatan jalan Wayheni Sukamarga (Segmen Gunungratu), normalisasi Wayharu Sekunyir, serta rehabilitasi tanggul Way Haru/Semang

Kemudian, di bidang pendidikan akan ada kegiatan rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya SDS Muara Dua, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya SDN 2 Sukajadi. 

“Di BNS juga akan dialokasikan anggaran untuk rehabilitasi masjid Pekon Sukajadi, pembangunan irigasi dangkal , jalan usaha tani dan renovasi ruang data dan informasi gedung BPP,” tegasnya

Lebih jauh dia mengungkapkan, untuk Kecamatan Suoh, kegiatan fisiknya tahun ini diantaranya akan peningkatan jaringan irigasi Sukajadi I, peningkatan jalan Sukamarga Kalibata Kecamatan Suoh, peningkatan jalan SMKN Suoh, rehabilitasi tanggul Way Semangka (Tugu Ratu), pembuatan talud Way Sumber Agung, pembangunan kanal Banjir Rawa Kalong, rehabilitasi jaringan irigasi D.I Way Kalibening, dan rehabilitasi jaringan irigasi D.I Way Kejadian, serta pembangunan irigasi tanah dangkal. 

Di bidang pendidikan, lanjut dia, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya SD Kisam Jaya, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya SDN 1 Banding Agung, pengadaan media pendidikan SDN 1 Banding Agung, SD Kartini, SD Rejomulyo dan SD Bhakti Mulya. 

“Dengan adanya perhatian pemerintah di bidang pendidikan tersebut, diharapkan mutu pendidikan di Kecamatan Suoh dan BNS meningkat,” tutupnya. (lus/mlo)

Pos terkait