Rp23 Miliar untuk Penanganan Covid-19 

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si.

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar tahun ini menyiapkan dana belanja tak terduga (BTT) sebesar Rp34 miliar lebih, termasuk di dalamnya untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, setelah dilakukan refocusing, realokasi dan rasionalisasi anggaran maka pemerintah daerah menganggarkan dana BTT sebesar Rp34 miliar lebih, namun yang digunakan dari BTT untuk penanganan Covid-19 hanya Rp19 miliar.  

Bacaan Lainnya



“Jumlah dana yang disiapkan oleh pemerintah daerah untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp23 miliar lebih, rinciannya Rp19 miliar dari BTT sedangkan sisanya sekitar Rp4 miliar  belanja langsung dari APBD murni,” ucap Okmal, kemarin 

Dijelaskannya, kegunaan Rp23 miliar lebih tersebut tersebar untuk beberapa OPD yaitu untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 (bidang kesehatan), dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial.

“Dana sebesar Rp23 miliar itu peruntukannya untuk belanja bidang kesehatan dan hal hal lain terkait kesehatan dalam rangka pencegahan dan atau penanganan Covid-19 Rp8,3 miliar lebih, penyediaan jaring pengaman sosial Rp11,6 miliar lebih dan penanganan dampak ekonomi Rp3,3 miliar lebih,” tegas Okmal

Kata dia, penanganan kesehatan sebesar Rp8,3 miliar lebih, seperti halnya  untuk pengadaan alat pelindung diri (APD), ada untuk uang isolasi penanganan Covid-19, melakukan penyemprotan desinfektan massal, kelengkapan rumah sakit, dan lainnya.  

Kemudian penanganan dampak ekonomi, seperti sembako di Dinas Koperindag dan stok bantuan di Dinas Sosial dan membebaskan biaya berobat di puskesmas. Sedangkan untuk penyediaan pengamanan sosial tersebar di Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. 

“Untuk realisasi pelaksanaan kegiatannya belum semuanya 100 persen, karena masih dalam proses,” pungkas dia. (lus/mlo) 



Pos terkait