Rp5,695 Miliar DD Tahap III di Lambar Cair

  • Whatsapp
Kepala BPKD Lambar  Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Dana desa (DD) tahap III sebesar Rp5,695 miliar lebih untuk 32 pekon di Kabupaten Lambar telah cair.

Adapun 32 pekon tersebut yaitu Pekon Bumijaya, Pekon Jagaraga, Pekon Sukamulya, Pekon Tapaksiring, Pekon Tebapering Raya, Pekon Bandarbaru, Pekon Pagardewa dan Pekon Buaynyerupa (Kecamatan Sukau). Lalu Pekon Muarabaru, Pekon Muarajaya II, Pekon Purawiwitan dan Purajaya (Kecamatan Kebuntebu), Pekon Sukajadi (Kecamatan Airhitam), Pekon Atarbawang, Pekon Batukebayan, Pekon Bakhu, Pekon Wayngision dan Pekon Kubulikujaya (Kecamatan Batuketulis).

Bacaan Lainnya

Kemudian, Pekon Fajaragung, Pekon Hujung (Kecamatan Belalau), Pekon Gunungsugih (Kecamatan Balikbukit), Pekon Sukabanjar (Kecamatan Lumbokseminung), Pekon Srimulyo, Pekon Gunungratu, Pekon Tanjungsari dan Pekon Tembelang (Kecamatan Bandarnegeri Suoh). Lalu, Pekon Sukapura (Kecamatan Sumberjaya), Pekon Sukaraja, Pekon Padangtambak, Pekon Tambakjaya, Pekon Puralaksana, dan Pekon Tanjungraya (Kecamatan Waytenong)

“Sepanjang ada rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, kita siap untuk memprosesnya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) guna dilakukan pencairan,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si.. 

Lebih jauh Okmal mengatakan, target pendapatan dari DD di Kabupaten Lambar tahun ini sebesar Rp126,3 miliar dan dari jumlah tersebut hingga Oktober telah terealisasi sebesar Rp105 miliar lebih. “Pemerintah pusat telah menyalurkan dana desa di Kabupaten Lampung Barat sebesar 83,12%,” imbuhnya

Sejak tahun 2020 lalu, kata Okmal, proses pencairan dana desa tidak lagi di transfer dari kas negara ke kas daerah namun prosesnya dari kas negara langsung ke kas pekon. Hal ini untuk memudahkan proses penyaluran dana desa ke pekon.(lus/mlo)

Pos terkait