Rp61,2 Juta BOP RA Tahap II Cair

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk tahap dua di tahun 2021, di seluruh Raudhatul Athfal (RA) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah disalurkan ke masing-masing RA.

Kasi Pendidikan Islam, Ahmad Khotob, S.Ag., mendampingi kepala kantor Kemenag Pesbar, Hi.Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan untuk pencairan BOP RA tahap II di tahun 2021 sistemnya sama dengan sebelumnya. Mulai dari usulan masing-masing RA, lalu tahapan verifikasi dan sebagainya, hingga penetapan jumlah penerima BOP oleh Kemenag Pesbar.

“Untuk pencairan tahap II ini jumlah BOP nya sebesar Rp61.200.000,- untuk tujuh RA yang ada di Kabupaten Pesbar ini, dengan jumlah siswa sama dengan tahap pertama lalu yakni 204 siswa yang ditetapkan,” kata dia, Jumat (6/8).

Dijelaskannya, ke- 204 siswa dari tujuh RA penerima BOP itu dengan rincian yakni RA Aisyiah Kecamatan Krui Selatan dengan jumlah 52 siswa, RA Nur Islami Kecamatan Bangkunat 31 siswa. Lalu, RA Nurul Fikri Kecamatan Pesisir Selatan 15 siswa, RA Darussolihin Kecamatan Pesisir Selatan 18 siswa, dan RA Darul Falah Kecamatan Bangkunat hanya dua siswa. Kemudian, RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur 40 siswa, serta terakhir yakni RA Nurul Huda Kecamatan Karyapenggawa juga hanya ada dua siswa.

“Besaran BOP itu masih tetap sama dengan tahap pertama yakni Rp600 ribu per siswa selama satu tahun. Meski begitu, kita juga masih tetap menunggu kalau ada perubahan dari pusat,” jelasnya.

Dijelaskannya, Kemenag Pesbar berharap kepada seluruh RA, dalam penggunaan BOP itu agar benar-benar maksimal dan tepat sasaran, sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana BOP. Mengingat anggaran yang dikucurkan setiap tahunnya untuk salah satunya bertujuan untuk mendukung operasional RA di lingkup Kemenag Pesbar.

“Jangan sampai penggunaan anggaran RA tidak sesuai peruntukannya, karena semua anggaran itu harus benar-benar dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)


Pos terkait