RSUDAU Kini Mampu Layani 500 Kali Layanan Cuci Darah Per Bulan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Kabupaten Lampung Barat, kini sudah memiliki 10 tempat tidur untuk pelayanan hemodialisa atau pelayanan cuci darah.

Dengan adanya penambahan enam unit dimana sebelumnya hanya tersedia empat unit tempat tidur tersebut maka RSUDAU mampu memberikan pelayanan 500 kali cuci darah dalam sebulan. 

Bacaan Lainnya



Tim dari Perhimpunan  Nefrologi Indonesia (Pernefri) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang dipimpin langsung Dr. Ian Effendi, Sp. PD., K-GH, FINASIM telah melakukan visitasi di RSUDAU Selasa (15/9). 

Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp. B., mengungkapkan, sejauh ini pihaknya hanya memiliki empat tempat tidur  dengan jumlah layanan cuci darah setiap bulannya hanya mampu sekitar 200 kali layanan saja.

Karena itu penambahan tempat tidur dilakukan, dan sebelum pengoperasian dilaksanakan maka dilakukan visitasi terlebih dahulu dari pihak Pernefri Sumbagsel. 

“Alhamdulillah penambahan sudah kita lakukan, dengan adanya penambahan tersebut tentunya untuk masyarakat yang memiliki keluarga atau saudara atau tetangga yang membutuhkan layanan HD yang saat ini masih harus jauh ke luar Lampung Barat bisa pindah layanan ke RSUDAU,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Dijelaskan, penambahan jumlah tempat tidur layanan HD dilakukan berdasarkan permintaan dari daftar tunggu pasien yang cukup tinggi, serta mempertimbangkan banyaknya pasien yang masih ke sejumlah rumah sakit di luar daerah untuk mendapatkan pelayanan. 

“Untuk asal pasien HD di RSUDAU itu tidak hanya dari Lambar melainkan ada yang dari Pesisir Barat dan OKU Selatan Provinsi Sumsel, selama ini mereka untuk cuci darah harus ke  Kotabumi, Bandarjaya, Bandar Lampung, Metro bahkan ada yg di pulau Jawa,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait