RSUDAU Penuh, Puskesmas Siapkan Ruang Isolasi Bagi Pasien Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – UPT Puskesmas Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat menyediakan ruang isolasi bagi pasien yang terpapar Covid-19 di wilayah setempat.

Disiapkannya ruang isolasi itu, karena kapasitas ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) penuh atau berstatus ‘Waiting List’.

Bacaan Lainnya

Kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, S.K.M mengatakan, ruang isolasi yang disiapkan itu berkapasitas untuk empat pasien dalam satu ruang.

“Saat ini ruang isolasi ini juga sudah terisi satu pasien yang sebelumnya akan dirujuk ke RSUDAU tapi karena disana penuh, jadi sambil menunggu antri atau waiting list kita rawat di puskesmas,” terangnya.

Meski menjalani isolasi di puskesmas, pihaknya tetap berupaya yang terbaik untuk pemulihan kondisi para pasien.

“Mudah-mudahan kondisi pasien ini terus membaik sehingga tidak harus kita rujuk RSUDAU yang saat ini kondisi nya juga penuh,” harapnya.

Disisi lain, untuk terus menekan laju penyebaran wabah Covid-19 di wilayah itu pihaknya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah melalui 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas.

“Selain itu untuk pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah kami minta agar tetap mengikuti arahan satgas, tetap berfikir positif dan konsumsi obat dan vitamin yang cukup agar lekas pulih,” pesannya.

Kemudian untuk warga yang telah selesai menjalani isolasi mandiri tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi vitamin, mengkonsumsi makanan tinggi protein serta rajin berolahraga. 

“Harus dipahami bersama bahwa Covid-19 ini dapat menginfeksi siapapun. Untuk itu kita tidak boleh kendor menjalankan protokol kesehatan. Karena menjaga diri sendiri maka kita menjaga orang-orang sekitar kita,” pesannya.(edi/mlo)


Pos terkait