Ruang Isolasi Covid-19 di RSUDAU Kosong, Tuan MT Jadi Pasien Terakhir 

  • Whatsapp
Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes.

Medialampung.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah  Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat, telah memulangkan satu orang pasien terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terakhir dalam kondisi yang telah sehat, setelah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUDAU selama 18 hari terakhir.

Pasien terakhir tersebut yakni Tuan MT berusia 55 tahun, warga Kecamatan Batuketulis  dirawat di RSUDAU sejak Minggu (12/9) lalu atau selama 18 hari yang selanjutnya telah dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19 dan dipulangkan  Kamis (30/9). 

Bacaan Lainnya

Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes., mengungkapkan, tuan MT menjadi pasien Covid-19 terakhir yang dirawat di ruang isolasi tekanan negatif RSUDAU, merupakan pasien Covid-19 bergejala sehingga diperlukan penanganan intensif dan menjalani isolasi di ruang isolasi tekanan negatif.

”Alhamdulillah tadi siang, berdasarkan hasil pemeriksaan  kondisi tuan MT sudah memungkinkan untuk pulang, beliau sudah negatif dari Covid-19 dan merupakan pasien Covid-19 terakhir yang kami tangani,” ungkap Iman—sapaan Iman Hendarman.

Dikatakannya, meski sudah dalam keadaan kosong atau tanpa adanya pasien yang dirawat, ruang isolasi  tekanan negatif masih tetap dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan adanya pasien terkonfirmasi Covid-19 rujukan dari puskesmas maupun dari kabupaten tetangga.

”Hanya saja kami akan melihat dalam dua minggu kedepan, jika dalam dua minggu kedepan tidak ada pasien terkonfirmasi Covid-19 baru yang harus dirawat di ruang isolasi tekanan negatif, maka kami akan persiapkan untuk mengembalikan fungsi ruang isolasi  tekanan negatif tersebut ke fungsi semula,” kata dia.

Selain itu, Iman juga mengungkapkan, sejak dua minggu terakhir pasien yang masuk ke RSUDAU rata-rata pasien Penyakit Dalam, Lakalantas dan lainnya, dan dari semua pasien yang masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan menjalani Rapid Antigen semuanya negatif dari Covid-19. 

“Jadi memang untuk dua minggu terakhir tidak ada penambahan pasien Covid-19, bahkan yang datang ke IGD, merupakan pasien Lakalantas, penyakit dalam dan lainnya setelah kami swab hasilnya negatif dari Covid-19,” kata dia. 

Sementara terkait Ruang Bedah yang sebelumnya sempat dijadikan ruang isolasi transisi dan kini telah dikembalikan ke fungsi awal, menurut Iman, sudah mulai dimanfaatkan dan saat ini mulai merawat tiga pasien bedah. 

“Jadi seiring terus menurunnya jumlah pasien Covid-19, pelayanan kembali normal seperti biasa, masyarakat juga tidak perlu takut untuk datang berobat ke rumah sakit, karena selain jumlah pasien yang terus mengalami penurunan bahkan saat ini hanya tiga pasien dan itupun pasien lama, juga ditempatkan di ruang isolasi tekanan negatif  untuk menghindari penyebaran Covid-19 di area rumah sakit,” kata dia. (nop/mlo)

Pos terkait