Ruas Jalan Bandarlampung Diperbaiki Tahun Ini 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung tahun ini menganggarkan perbaikan jalan di Kota Tapis Berseri sebesar Rp15 Miliar, jumlah ini berbanding jauh dari anggaran perbaikan tahun 2020 yang mencapai Rp80 Miliar.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PU Kota Bandarlampung, Iwan Gunawan saat ditemui di flyover Sultan Agung, Rabu (7/4). “Iya, tahun ini perbaikan jalan di Kota Bandarlampung kita anggarkan sebesar Rp15 Miliar, lebih kecil dari tahun lalu yang mencapai Rp80 Miliar,” ungkapnya. 

Bacaan Lainnya



Sedangkan, lanjut Iwan, jalan rusak di Bandarlampung yang tercatat saat ini ada lebih dari 100 ruas jalan. 

Ia berharap anggaran tersebut dapat mencukupi program perbaikan jalan. Tapi jika tidak, Ia akan coba untuk menambah anggaran di tahun 2022 dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Kalau kita bicarakan soal kecukupan anggaran, ya sebenarnya tidak cukup. Tapi kita akan mengelola dana yang sedikit ini seefisien mungkin,” kata dia. 

Ia menjelaskan, bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan jalan-jalan besar dan ruas jalan di kampung-kampung.

“Kalau pemeliharan kita bisa tambal sulam, lapis kembali, dan rehabilitasi jalan-jalan kampung,” jelasnya.

Iwan menjelaskan, bahwa anggaran Dinas PU tahun ini memang berkurang banyak, hal ini dikarenakan PAD (pendapatan asli daerah) Kota Bandarlampung yang menurun sebanyak 50 persen akibat Covid-19.

“Tahun ini ada yang namanya refocusing anggaran Covid-19, jadi anggaran banyak yang dipangkas untuk semua sektor termasuk Dinas PU,” ujarnya.

Kemudian, Ia juga menanggapi mengenai Jalan Umbul Kunci yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. Ia mengatakan bahwa dalam waktu dekat, jalan tersebut akan diperbaiki.

“Jadi nanti kita timbun ya. Jalan yang berlubang besar kita timbun dengan (batu) sabes sambil menunggu anggaran. Kita akan tangani Insya Allah sebelum lebaran,” pungkasnya.(*/mlo)




Pos terkait