Rumah Adat Lampung di Kedamaian Siap Dibangun

  • Whatsapp
Kepala Dinas PU Kota Bandarlampung, Iwan Gunawan

Medialampung.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung berencana membangun Rumah Adat Kedamaian, yang terletak di Jalan Putri Balau, Kedamaian, Bandarlampung. Pembangunan ini sudah di website lpse.bandarlampungkota.go.id.

Dalam laman LPSE ada tahapan tender telah sampai Pembukaan Dokumen Penawaran.

Bacaan Lainnya

Untuk pembangunan rumah adat itu, pagu yang disiapkan Pemkot sebesar Rp1 Miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung, Iwan Gunawan menjelaskan, Wilayah Kedamaian merupakan kampung adat, sehingga Pemkot Bandarlampung ada rencana untuk membangun suatu rumah adat yang berada di Jalan Putri Balau yang lokasi nya sendiri nanti berada di eks Kantor Kelurahan Kedamaian.yang sudah lama tak terpakai. 

Lanjut Iwan, bangun tersebut nantinya kita buat dua lantai, peruntukannya untuk kegiatan adat masyarakat Kedamaian. 

“Memang gak terlalu luas, Namun ini hanya untuk kegiatan adat. Secara teknisnya kita serahkan kepada masyarakat adat setempat,” ujar Iwan melalui sambungan telepon, Senin (28/6) 

Dia juga menambahkan, prosesnya sendiri masih dalam tahap tender, sedangkan pekerjaannya diperkirakan akan terlaksana pada satu sampai dua bulan kedepan.

“Nantinya masyarakat  adat yang mengelolanya, dan sekarang ini proses lelangnya  masih berjalan, ya ini kan minimal hanya satu bulan. Selanjutnya satu minggu masa sanggah, dalam satu minggu teken kontrak. Setelah itu kita cek lapangan,” tungkasnya.(jim/mlo)


Pos terkait