Rutan Kotaagung luncurkan Pelayanan Publik Berbasis IT

  • Whatsapp

Medialampung.co.id- Pasca dicanangkannya Rutan Kotaagung sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Pada Senin (16/3) Rutan Kotaagung  meluncurkan layanan publik berbasis Information technology (IT).

Layanan tersebut meliputi, layanan pendaftaran kunjungan yang kini telah menggunakan alat pembaca KTP elektronik dan scan finger print pengunjung dalam proses pendaftarannya.

Bacaan Lainnya



Sehingga kedepan pengunjung yang sudah pernah membesuk dan terdaftar sidik jarinya, hanya perlu membawa KTP elektronik,KK dan menempelkan sidik jarinya untuk mengidentifikasi identitas pengunjung tersebut.

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan layanan self service keluarga inti bagi yang ingin mengetahui informasi tahapan pembinaan, tanggal bebas dan otorisasi SK PB,CB, dan CMB keluarganya yang menjadi WBP Rutan Kotaagung.

Bagi Warga Binaan sendiri kini bisa mengakses informasi mengenai tanggal bebas, perolehan remisi dan cetak SK PB, CMB, Dan CB mandiri melalui self service bagi Warga Binaan.

Sehingga, kini WBP tidak perlu bertatap muka dengan petugas hanya  untuk memperoleh informasi. Cukup dengan identifikasi sidik jari melalu perangkat self service yang telah disediakan, terang  Akhmad Sobirin Soleh, Karutan Kotaagung.

Di bidang layanan kunjungan, Rutan Kotaagung telah melakukan penataan manajemen waktu besuk. Melalui SDP portir, kini pengunjung dipanggil berdasarkan nomor antrian, sebaliknya, jika waktu telah habis juga di umumkan melalui sistem manajemen waktu kunjungan.

Petugas P2U kini juga disediakan SDP BB portir, yang fungsinya untuk mengidentifikasi lalulintas Warga Binaan / tahanan yang sidang, pelimpahan maupun dibon penyidik.

Demikian pula, bisa digunakan untuk identifikasi pengunjung. Bila sidik jarinya terbaca oleh sistem finger print, maka bisa dipastikan yang bersangkutan adalah WBP.

“Dengan diluncurkannya layanan berbasis IT ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Rutan Kotaagung pada WBP dan  Masyarakat. Kita terus berupaya dan berkomitmen pelayanan Rutan Kotaagung semakin hari semakin baik dan tertib” Ungkap Akhmad Sobirin Soleh.( rls/ehl/mlo)



Pos terkait