Rutan Krui Geledah Kamar Hunian WBP 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali melakukan razia dengan melakukan penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara sampling, Sabtu (12/6) malam kemarin.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M. Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., mengatakan bahwa kegiatan razia itu dilakukan secara serentak berdasarkan instruksi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung, dalam rangka mengantisipasi segala bentuk gangguan Kamtib dan juga sebagai bentuk respon terhadap pemberitaan media tentang pengendalian Narkoba dari dalam Lapas/Rutan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan Razia insidentil kamar hunian ini dilakukan oleh Tim Satgas Kamtib Rutan Kelas IIB Krui, dengan melakukan penggeledahan di blok kamar hunian WBP nomor 02, 06, dan 07 yang dilakukan secara acak,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan razia itu selain melakukan penggeledahan di kamar hunian juga sekaligus menggeledah semua WBP. Dari razia itu petugas berhasil mengamankan empat buah korek gas baik yang masih digunakan maupun yang rusak, selain itu satu buah alat cukur kumis, tiga utas tali sepanjang 60 centimeter, dua buah pulpen, satu bekas kaleng minum, dua gagang sikat gigi dan satu kaca ukuran Lima Centimeter.

“Semua barang-barang hasil razia yang memang dilarang untuk dibawa ke kamar hunian oleh WBP itu langsung diamankan petugas yang selanjutnya akan dimusnahkan,” jelasnya.

Ditambahkannya, selama pelaksanaan razia di kamar hunian tersebut berjalan dengan tertib dan lancar serta tetap dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan razia kamar hunian ini tentu akan tetap rutin dilaksanakan, sebagai upaya untuk mengantisipasi sedini mungkin gangguan kamtib terhadap WBP maupun mengantisipasi penyalahgunaan narkoba didalam Rutan Kelas IIB Krui tersebut.

“Kita juga mengimbau seluruh WBP agar dalam kamar hunian untuk tidak membawa benda ataupun barang-barang yang memang dilarang,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait