Rutan Krui Kembali Bimbing WBP di Klinik Pancasila 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali melaksanakan bimbingan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di klinik Pancasila di Rutan Kelas IIB Krui, Senin (1/11).

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Dadang Adi Patianum, S.H., mengatakan bimbingan terhadap WBP di klinik Pancasila itu telah menjadi agenda rutin Rutan Kelas IIB Krui, salah satunya dalam memberikan pembinaan wawasan kebangsaan, ideologi pancasila, hingga pencegahan paham radikalisme dan intoleran.

Bacaan Lainnya

“Bimbingan ini untuk semua WBP, yang dilakukan secara bergantian. Artinya, dalam pembinaan tidak dilakukan sekaligus, hal ini agar materi yang disampaikan bisa lebih dipahami oleh seluruh WBP,” katanya.

Karena, lanjutnya, bimbingan terhadap WBP itu menyangkut berbagai materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan, ideologi pancasila, pencegahan paham radikalisme dan intoleran. Sehingga, semua materi yang disampaikan harus benar-benar terperinci. Karena itu, bimbingan di klinik Pancasila itu dilakukan secara bergantian sebanyak dua orang WBP untuk setiap pertemuan.

“Dengan begitu mudah-mudahan WBP bisa memahami semua materi yang disampaikan. Karena ini untuk pengetahuan WBP itu sendiri, sehingga diharapkan kedepan bisa diterapkan baik saat berada di dalam Rutan Krui ini atau ketika sudah bebas menjalani hukuman nanti,” jelasnya.

Masih kata dia, Rutan Kelas IIB Krui juga mengharapkan setelah mendapat bimbingan tersebut, seluruh WBP selain memahami semua materi juga dapat menolak jika terjadi adanya ancaman radikalisme dan intoleransi. Dengan begitu kedepan diharapkan Rutan Kelas IIB Krui ini mampu melahirkan duta-duta Pancasila yang menyebarkan semangat persatuan dan toleransi terutama kepada warga binaan.

“Pelaksanaan bimbingan terhadap WBP di klinik Pancasila Rutan Kelas IIB Krui itu berjalan lancar, dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait