Rutan Krui Kembali Terima Tahanan Baru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali menerima tahanan baru limpahan dari aparat penegak hukum baik kepolisian dan kejaksaan, pasca memasuki normal baru, sejak Selasa (30/6) lalu.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M. Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., mengatakan diterimanya kembali tahanan baru masuk ke Rutan Krui itu sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) No.PAS-PK.01.01.01-679, bahwa tahanan baru yang masuk harus menjalani isolasi selama 14 hari, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bacaan Lainnya



“Untuk isolasi tahanan baru, Rutan Krui sudah menyiapkan kamar isolasi dan terus dipantau oleh petugas kesehatan Rutan,” kata Hendra, Rabu (1/7).

Dijelaskannya, seperti pada Selasa (30/6) kemarin terdapat 26 orang tahanan yang dikirim ke Rutan Krui. Sebelum masuk ke dalam Rutan seluruh tahanan baru itu menjalani pemeriksaan sesuai protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, kesehatan dan sebagainya. Meski semua tahanan yang baru masuk itu sudah menjalani rapid test yang dilakukan oleh pihak penahan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan bagi tahanan yang baru masuk ke dalam Rutan Krui sesuai instruksi dari Dirjen Pemasyarakatan,” jelasnya.

Sementara itu, dari 26 tahanan baru itu dengan rincian terdiri dari empat tahanan anak, satu tahanan wanita dan 21 orang tahanan dewasa. Sedangkan, secara keseluruhan untuk jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Krui hingga kini mencapai 103 orang WBP baik tahanan dan narapidana.

“Kita berharap meski dimulainya kembali untuk menerima tahanan baru di Rutan Krui ini, mudah-mudahan semua WBP tetap dalam kondisi sehat dan terhindar dari wabah Covid-19,” katanya.

Masih kata dia, pihak Rutan tentu akan rutin dan memaksimalkan untuk pemantauan terhadap kesehatan seluruh WBP maupun kesehatan tahanan yang baru masuk. Begitu juga dengan pengunjung yang datang ke Rutan Krui ini tetap akan memperketat penerapan protokol kesehatan.

“Banyaknya tahanan baru yang masuk ke Rutan Krui ini karena sebelumnya sempat ditunda sementara sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait