Saat Harga Kopi Tak Setabil, Gandeng Pihak Swasta Adalah Solusi Cerdas 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Solusi ketika harga kopi tidak stabil, maka tanaman tumpangs ari juga menawarkan peluang untuk meningkatkan dan mendongkrak ekonomi petani tahunan.

Program seperti ini sangat baik dan tepat sebagai solusi terbaik untuk para petani kopi. Seperti dengan menggandeng pihak swasta sebagai langkah pengembangan usaha bertani untuk memperoleh penghasilan keuangan pada saat paceklik.

Bacaan Lainnya


Sumarlin, salah satu petani di Kabupaten Lampung Barat menyebut, meski sampai saat ini pemerintah belum mendapat solusi tepat mengatasi harga kopi yang tidak menentu dari tahun ke tahun, dengan petani melakukan tumpang sari diantaranya cabai rawit, maka pohon kopi berfungsi sebagai naungan sehingga cabai tidak langsung terpapar matahari dan membantu mengatasi dampak kekeringan dan tahan terhadap penyakit. 

Selain itu, keuntungan lain yang diperoleh adalah petani dapat memperoleh hasil dari dua komoditas sekaligus, dengan mengaplikasikan pupuk yang rutin pada tanaman cabenya maka dapat memupuk kopinya juga, sehingga hasilnya bisa maksimal.

Bahkan, menurut analisa pihaknya satu hamparan bisa dapat dua atau tiga komoditas sekaligus. Jadi petani dapat penghasilan terus tidak berhenti per minggunya selain hasil tahunan, dengan pola tanam ini selain pemanfaatan secara maksimal. 

Tanaman cabai relatif lebih terlindungi dari hama. Selain itu, petani dapat memanen dua atau tiga komoditas sekaligus. Apabila satu komoditas menurun produktivitasnya, akan tertutupi dengan hasil panen komoditas lainnya.(r1n/hrs/mlo)




Pos terkait