SAC Kembali Kunjungi TNBBS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Dalam rangka kegiatan Project Based Learning Explorer Class 2019-2020, SMP Sekolah Alam Cikeas (SAC) kembali mengunjungi obyek wisata alam Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

“Untuk di TNBBS, kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan kunjungannya sekarang ini merupakan tahun ketiganya yang dilaksanakan mulai tanggal 16-21 September  mendatang,” kata Petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNBBS Supriatna

Bacaan Lainnya



Sementara itu, Mentor SMP Sekolah Alam Cikeas Pungky mengatakan,  alasan pihaknya kembali dikarenakan TNBBS memiliki ekosistem yang asli dan lengkap serta budaya lokal di sekitar juga sangat bagus untuk dipelajari. “Kami senang datang kesini (objek wisata Kubuperahu TNBBS) karena ekositemnya yang masih asri dan lengkap serta  budaya lokanya juga sangat bagus untuk kami pelajari,” kata dia

Adapun kegiatannya, kata Pungky meliputi analisa vegetasi tumbuhan hutan hujan tropis, pengamatan anggrek, pengamatan burung, pengamatan serangga, pengamatan primata dan herpetofauna.  Selain itu, pihaknya juga akan mempelajari ekowisata yang berada di TNBBS khususnya Kubu Perahu serta akan mempelajari sejarah, sosial dan budaya dengan berkunjung ke enclave Kubu Perahu.

“Para siswa-siswi akan melakukan wawancara dengan masyarakat serta akan belajar cara menderes getah damar, memetik kopi sampai dengan menyeduhnya.  Selain itu, para Siswa juga akan belajar tentang bahasa dan aksara Lampung di SMP Negeri Sekuting Terpadu dan berkunjung ke Kerajaan Pernong (Skala Brak),” ungkap dia.

Seraya menambahkan, kegiatan di TNBBS, selain akan mempelajari vegetasi tumbuhan, siswa juga akan mempelajari kehidupan liar siang dan malam. “Kegiatan ini diikuti 18 siswa dan tiga mentor,” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait