Safari Literasi Ramadhan TIM GLD Lampung Barat

  • Whatsapp
Tim GLD Kabupaten Lambar membagikan bantuan buku bacaan kepada Lamban Baca Nekham Jejama di Pekon Pagardewa Kecamatan Sukau, Jumat (10/5/2019)

Medialampung.co.id – BALIKBUKIT – Selama Bulan Suci Ramadhan 1440 H, Tim Gerakan Literasi Daerah (TIM GLD) Kabupaten Lampung Barat mengagendakan kegiatan Safari Ramadhan Literasi. Dan pada hari kelima (5) dibulan Suci Ramadhan 1440 H, Jumat (10/5/ 2019) Tim GLD melaksanakan Safari Literasi Ramadhan yang pertama ke Kecamatan Sukau.

Di Kecamatan Sukau Tim GLD melakukan safari di dua tempat, yaitu Lamban Baca Nekham Jejama di Pekon Pagar Dewa, kemudian ke Masjid Darussalam Pekon Pagardewa Kecamatan Sukau.

Bacaan Lainnya



Di Lamban Baca Nekham Jejama di Pekon Pagar Dewa, TIM GLD disambut dengan penuh semangat dan kehangatan oleh Pengelola Lamban Baca tersebut Rina Ristiana dan sejumlah anak-anak serta warga setempat.

Lamban baca Nekham Jejama adalah inisiatif pribadi dari Rina Ristiana yang kesehariannya mengajar sebagai Guru SDN 2 Pagar Dewa Kecamatan Sukau

“Saya gembira dengan adanya silaturahmi ini, karena dapat menambah nilai Lamban Baca dimata masyarakat sekitar bahwa Lamban Baca Nekham Jejama memang benar-benar didukung pemerintah dan berdampak baik bagi anak-anak dan masyarakat sekitar,” kata Rina.

Lanjut dia, untuk diketahui TIM GLD bahwa motivasi untuk belajar masih sangat rendah dan lingkungan juga kurang mendukung, nah Lamban Baca ini jadi motivasi anak-anak untuk giat belajar.

“Disini mereka ada tempat bersama, berkumpul, membaca bersama buku-buku bacaan,” imbuhnya.

Rina lebih lanjut mengungkapkan Keinginannya selaku pengelola Lamban Baca Nekham Jejama adalah ingin merubah mindset masyarakat yang selalu mengukur segala sesuatu dengan ukuran materil alias uang, segala sesuatu dilakukan karna uang, padahal dengan kegiatan Literasi ini wawasan menjadi lebih luas yang otomatis akan bisa meningkatkan daya pikir dan tidak menutup kemungkinan akan sangat berdampak positif kepada kesejahteraan.

Menurut dia, kegiatan yang biasa dilakukan di Lamban Baca Nekham Jejama ini adalah membaca, belajar bersama, senam, permainan tradisional dan pembagian susu secara gratis kepada pengunjung lamban baca yang sampai saat ini tercatat ada sejumlah 64 orang anggota aktif. Di Lamban Baca Nekham Jejama tidak hanya tersedia buku-buku pelajaran melainkan juga tersedia buku-buku yang ringan dibaca seperti buku bacaan anak-anak buku-buku yang berisikan tentang Usaha Kecil Menengah (UKM), juga ada buku-buku tentang Pertanian dan buku Religi.

“Dengan kegiatan gerakan Literasi yang ada di Lamban Baca Nekham Jejama diharapkan kegiatan ibu-ibu juga bisa jauh lebih bermanfaat daripada hanya kumpul-kumpul ngerumpi,” ungkap Rina.

Dalam kesempatan itu, Ketua TIM GLD Partinia Parosil Mabsus yang diwakili oleh wakil ketua TIM GLD Bunda Yusmalasari berpesan bahwa dengan ilmu siapapun tidak akan merasa kekurangan karena dengan ilmu kita bisa menggapai apapun, ilmu juga bisa membimbing kita agar dijauhkan dari hal-hal yang buruk.

“Tim GLD pada Ramadhan 1440 H ini mengagendakan Safari Literasi Ramadhan ke beberapa kecamatan, kita ingin memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan sebaik mungkin, Sebab bulan Ramadhan adalah syahru at-tarbiyah (bulan pendidikan) yang melahirkan pribadi-pribadi unggul dan itu bisa diraih dengan rajin membaca baik itu ilmu agama juga ilmu-ilmu yang bersifat umum lainnya, dan pada moment ini kita trus aktif mengkampanyekan Gerakan Literasi di Lampung Barat,” kata dia.

Menurutnya, pada safari Literasi Ramadhan di Jum’at pertama ini, TIM GLD berkesempatan juga bersilaturahmi dengan ibu-ibu Majelis Ta’lim dimasjid Darussalam Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau yang dihadiri oleh Ketua majelis Ta’lim ibu Maimunah dan 32 orang anggotanya.

Adapun dalam kegiatan safari Literasi Ramadhan, kali ini Tim GLD tidak hanya memberikan donasi buku-buku bacaan tetapi juga bingkisan berupa sembako untuk pengelola dan pengunjung Lamban Baca yang aktif. (lus/mlo)



Pos terkait