Saluran Irigasi Meluap, Sejumlah Rumah Warga Tergenang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), salah satunya wilayah Kecamatan Waykrui berdampak pada meluapnya jaringan irigasi yang berada di Pekon Banjaragung hingga air masuk ke dalam rumah warga. 

Peratin Banjaragung, Fikriansyah mengatakan, meluapnya jaringan irigasi yang menggenangi rumah warga itu sudah sering terjadi, terutama saat hujan deras melanda wilayah tersebut. 

Bacaan Lainnya


“Kejadian tersebut berlangsung setiap hujan deras, terutama saat aliran air di jaringan irigasi itu meluap, setidaknya ada tujuh rumah yang menjadi langganan tergenang air luapan irigasi,” ungkapnya. 

Menurutnya, pihaknya sudah menyampaikan kondisi tersebut ke pihak terkait, termasuk ke badan pelaksana jalan nasional (BPJN) wilayah Lampung, namun hingga kini belum ada tindak lanjutnya. 

“Penyebab utama meluapnya air di saluran irigasi itu karena adanya penyempitan pada gorong-gorong yang melintang di ruas jalan nasional dan itu merupakan tanggung jawab BPJN wilayah Lampung,” terangnya.

Meski genangan air akan surut bersamaan dengan berhentinya hujan, namun pihaknya berharap agar ada upaya dari instansi terkait dalam melakukan pemeliharaan gorong-gorong itu. 

“Usulan sudah sering kita sampaikan, namun hingga sekarang belum ada tindak lanjutnya, jadi setiap hujan deras masyarakat selalu direpotkan dengan masuknya air ke rumah warga,” ujarnya. (ygi/mlo)



Pos terkait