Sambut EPP Kabupaten, Poskesdes Kasih Bunda Turut Berbenah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Kasih Bunda, Pekon Muarajaya II, Kecamatan, Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) turut berbenah dalam rangka persiapan menyambut kegiatan Evaluasi Perkembangan Pekon/Kelurahan (EPP) 2020 tingkat Kabupaten Lambar.

Petugas Bidan Pelaksana Kasih Bunda Riyanti, A.Md, Keb, mengharapkan dengan adanya pembinaan kader dan administrasi (adm), kedepannya poskesdes Kasih Bunda akan bisa lebih baik lagi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pekon.

Bacaan Lainnya



Disebutkan Riyanti, program kerja poskesdes, sifatnya Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), artinya-kata dia, kegiatan itu. ‘Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat’.

Didukung lagi peran serta warga yang sangat besar dan memberikan energi tersendiri. “Alhamdulillah peran serta masyarakat Pekon Muarajaya II baik  dalam menyambut program kerja poskesdes,” ungkapnya.

Lanjut dia, secara teknis dilapangan kegiatan Poskesdes Kasih Bunda berjalan setiap bulannya walaupun tidak dalam evaluasi perkembangan pekon dengan melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain Posyandu Bayi Balita dan Ibu Hamil, Kelas Ibu Balita, Kelas Ibu Hamil, Posbindu, Penyakit Tidak Menular (PTM), Pelayanan Persalinan Umum dan BPJS. Termasuk Program Kesehatan Lingkungan (Kesling), Promosi Kesehatan (Promkes) Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

“Yang kita harapkan lainnya dengan semakin baik respon masyarakat. semakin baik pula untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pekon,” ujarnya.

Terpisah dikatakan Peratin Muarajaya II Yan Sopian, pihaknya berharap peran poskesdes Kasih Bunda tersebut bukan hanya menjalankan peran dan fungsi bidang kesehatan, melainkan betul-betul inisiator masyarakat dibidang kesehatan dan pentingnya pemahaman (ilmu) kesehatan untuk diterapkan dalam kehidupan.

“Kita bersyukur keberadaan Poskesdes memberikan dan menambah nilai tersendiri pada kemajuan pekon ini menjadi Pekon Hebat dan Sejahtera,” tegasnya.

Di Tempat lain Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kebuntebu Hendri Saputra, S.Kep., mengharapkan apa yang sudah ditelurkan Poskesdes Kasih Bunda tersebut terus berjalan maksimal. Dan puskesmas jelas terus juga memberikan dorongan dan motivasi. (rinto/mlo)



Pos terkait