Sambut Idul Fitri, Polsek Sekincau Dirikan Pospam

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Polsek Sekincau, Kabupaten Lampung Barat membangun Pospam Ketupat Krakatau 2021 di ruas jalan nasional Lingkungan Betung, Kelurahan Sekincau. 

Kapolsek Kompol Sukimanto, mendampingi Kapolres Lambar AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik., M.H., menegaskan Pospam tersebut akan difungsikan mulai Tanggal 06 sampai dengan 17 Mei ini, atau selama suasana lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah. 

Bacaan Lainnya

Sebagaimana fungsinya dalam Pospam tersebut pihak kepolisian akan didampingi Lintas Sektoral (Linsek) kecamatan, mulai dari satpol PP, medis, PMR dan Anggota Pramuka. 

Dimana kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya seperti patroli dan antisipasi kejadian seperti Curat, Curas dan Curanmor (C-3). Selain itu, pam di terminal terutama saat jam rawan.

Sukimanto, berharap kepada semua elemen masyarakat untuk bersama menciptakan keamanan, terutama keamanan diri sendiri, menjelang lebaran Idul Fitri agar tidak terjadi tindak pidana dengan komitmen masyarakat untuk dapat memposisikan diri sendiri. 

Selain itu, warga juga tidak lalai dalam menjaga harta benda, menghindari bencana dan kecelakaan dan tidak kalah pentingnya, tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes), karena saat ini pemerintah masih fokus dalam pencegahan Covid-19 untuk mencegah terjadinya lonjakan terkonfirmasi Covid-19. 

Sedangkan terkait penyekatan arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri, merupakan bagian anggota kepolisian yang bertugas di perbatasan dengan akan membangun pos penyekatan (poskat).

“Dalam pendirian pos lebaran Idul Fitri ini ada tiga kategori Pospam, Pos Pelayanan (Posyan) dan Pos Penyekatan (Postan), kebetulan karena wilayah hukum Polsek Sekincau ada di tengah maka kami mendirikan Pospam,” ujarnya.

Begitu juga terkait imbauan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah, pihak Kepolisian akan menjalankan peran mengacu dengan edaran pemerintah. 

Hanya saja pihaknya menggaris bawahi pembatasan ibadah karena Covid-19 bukan hanya diberlakukan untuk shalat Idul Fitri umat Islam, melainkan semua agama, seperti peringatan Isa Almasih, umat Kristiani, maupun peringatan Tripitaka umat Buddha. Yang pelaksanaannya dalam waktu yang sama 13 Mei 2021. (r1n/hrs/mlo)


Pos terkait