Sambut Mitra Kerja, DPRD Waykanan Gelar Paripurna 

  • Whatsapp
Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., saat memberikan sambutan Perdana di hadapan anggota DPRD, Forkopimda dan seluruh undangan yang menghadiri Paripurna penyebutan oleh DPRD Waykanan, Senin (1/3)

Medialampung.co.id – Dalam Rangka menyambut Bupati dan Wakil Bupati Waykanan Periode 2021-2024, DPRD Waykanan menggelar paripurna yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Waykanan Nikman SH.

Paripurna tersebut dihadiri oleh Anggota Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal se-Kabupaten Waykanan, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Inspektur, Sekretaris Dewan, Kepala Badan, Dinas, Bagian, para Camat.

Bacaan Lainnya


Pada kesempatan pertamanya memberikan sambutan sebagai Bupati Waykanan di periode yang kedua, Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., kembali berpantun. 

“Masak lontong dibungkus daun waru, masak dengan sepenuh hati, terima kasih bapak dan ibu, telah menyambut saya datang kembali,” ujar Adipati Surya yang langsung disambut aplaus oleh seluruh anggota DPRD dan audiens yang hadir. 

Lebih jauh Adipati Surya menerangkan bahwa Tiga hari yang lalu tepatnya hari jumat tanggal 26 Februari 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.131.18-252/2021 tanggal 21 Februari 2021, dirinya dan Drs. Ali Rahman, MT telah dilantik oleh Gubernur Lampung sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024.

“Pelantikan tersebut merupakan puncak dari proses demokrasi, dari serangkaian panjang pemilukada yang Luber dan Jurdil, yang melibatkan banyak pihak,” kata Adipati.

pada kesempatan itu, dirinya juga harus memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada segenap partai pengusung, partai pendukung, simpatisan, terutama Tim Sukses (Berani Pasti Aman) dan segenap penyelenggara Pilkada Waykanan, yang telah mengantarkannya untuk kembali memimpin Waykanan untuk periode 2021-2024. 

“Ucapan terima kasih patut saya sampaikan juga kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Waykanan, anggota Forkopimda Waykanan, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Wanita Se-Kabupaten Waykanan yang telah memberikan dukungan bunuh dalam pesta demokrasi yang lalu hingga semua berjalan dengan baik,” tutur Adipati. 

Bupati dan wakil bupati Waykanan berfoto bersama forkopimda setempat Pasca pelaksanaan Paripurna penyambutan yang digelar oleh DPRD setempat

Masih menurut Adipati Surya, Pemilukada telah selesai, dari pengalaman dua dekade penyelenggaraan pemilu Waykanan selalu sukses melakukan pergantian kepemimpinan, tanpa menyisakan persoalan berarti. ini menunjukkan bahwa demokrasi di Kabupaten Waykanan telah terbangun dengan baik, sehat dan dewasa. 

Dia berharap tradisi demokrasi sehat ini bisa dipertahankan, agar terpilih calon-calon pemimpin yang berkualitas untuk kemajuan daerah, bukan justru menimbulkan kerugian dan kemunduran daerah. Praktek demokrasi yang sehat ini kiranya dapat dipertahankan dan menjadi contoh bagi para politisi dan calon calon politisi di masa yang akan datang. 

Pada kesempatan itu pula Bupati yang juga telah didaulat sebagai Ketua ICMI Waykanan tersebut menyatakan Moment sidang istimewa ini menjadi starting point bagi dirinya untuk memulai tugas melaksanakan pemerintahan 2021-2024, selaku Bupati Kabupaten bersama Wakil Bupati untuk menyampaikan beberapa kondisi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan kedepan, dalam rangka mewujudkan visi misi. 

“Jika kepemimpinan saya pada periode pertama 2016-2021 Kita berhasil menorehkan hasil pembangunan yang cukup baik dari aspek makro maupun mikro, dengan prestasi dan penghargaan. Maka kedepan kita menghadapi persoalan dan tantangan yang berat dan kompleks. Covid-19 dengan segala dampak ekonomi dan sosialnya belum berakhir. Pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah, mengalami penurunan tajam. Pendapatan masyarakat juga menurun. Sementara untuk mempertahankan pelayanan publik yang memadai, kita memerlukan biaya pemeliharaan sarana dan prasarana yang cukup besar. Keterbatasan finansial dan SDM ini masih akan kita rasakan beberapa tahun kedepan,” ungkapnya.

Oleh karena itu dengan pertimbangan kemampuan yang dimiliki dan persoalan pandemi yang belum berakhir. Maka arah pembangunan saat ini dan kedepan akan lebih terfokus pada upaya pembangunan SDM khususnya penanggulangan Covid-19, pemulihan ekonomi dan meningkatkan pelayanan publik. 

“Susah-susah dahulu, senang-senang kemudian. Kami datang untuk menggapai impian, Jadikan Waykanan Unggul dan Sejahtera,” kata Adipati menutup sambutannya dengan kembali berpantun.(wk1/mlo)




Pos terkait