Sambut Nyepi, Umat Hindu di Pesbar Akan Pawai Ogoh-Ogoh

Medialampung.co.id – Sejak pandemi Covid-19 pada 2020 lalu hingga 2021, umat Hindu di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dalam menyambut hari Raya Nyepi meniadakan pawai ogoh-ogoh. 

Namun, pada perayaan Nyepi di tahun 2022 ini, pawai ogoh-ogoh yang diharapkan umat Hindu di Pesbar tersebut bisa kembali terwujud.

Bacaan Lainnya


Pelaksanaan pawai ogoh-ogoh dalam rangka menyambut hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1944, itu akan dipusatkan di Pura Melasti Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, yang rencananya akan diarak dengan jarak tempuh 500 meter, mulai pukul 16.00 WIB, Rabu (2/3), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., mengatakan, pawai ogoh-ogoh yang merupakan salah satu rangkaian hari Raya Nyepi di tahun ini bisa kembali dilaksanakan, tetapi tetap terbatas dengan menerapkan prokes. Mengingat saat ini juga masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Pada perayaan Nyepi sejak tahun 2020 dan 2021 lalu memang untuk pawai ogoh-ogoh ditiadakan karena pandemi Covid-19, dan baru bisa dilaksanakan kembali tahun ini, itu pun harus tetap menerapkan prokes,” katanya.

Dijelaskannya, dalam menyambut perayaan Nyepi, umat Hindu di Pesbar ini sebelumnya juga telah melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan, seperti sembahyang bersama atau pesucian diri yang dipusatkan di pinggiran Pantai seputaran Pura Melasti, dan kegiatan lainnya.

Sedangkan, untuk kegiatan pawai ogoh-ogoh itu terlebih dahulu akan melaksanakan kegiatan Tawur Agung Sanga. 

“Nanti ada dua ogoh-ogoh yang akan di arak, satu ogoh-ogoh ukuran besar dan satu lagi ukuran kecil,” jelasnya.

Masih kata dia, patung ogoh-ogoh yang diarak itu nanti kemudian akan di bakar sebagai untuk menetralisir hal-hal negatif, karena ogoh-ogoh itu sebagai simbol negatif. Sedangkan, dalam perayaan Nyepi pada Kamis (3/3) besok, akan dilaksanakan di pura wilayah masing-masing.

“Kita berharap rangkaian kegiatan dalam perayaan nyepi di Pesbar ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Plt. Camat Pesisir Selatan, Suryadi, S.Ip., M.M., menyampaikan dalam perayaan Nyepi di Kecamatan Pesisir Selatan tersebut diharapkan agar masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai, serta dapat meningkatkan toleransi antar umat beragama.

“Sehingga dalam perayaan nyepi bagi umat Hindu di wilayah ini berjalan dengan baik dan kondusif, karena itu semua harus saling menjaga. Kita juga berharap dalam kegiatan pawai ogoh-ogoh nanti dapat tertib dan menerapkan prokes Covid-19,” pungkasnya.(yan/mlo)


Pos terkait