Sambut Ramadhan, Risma Al-Ikhlas Gotong Royong Bersihkan Masjid

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jelang Bulan Suci Ramadhan yang tinggal hitungan hari. Remaja Islam Masjid (Risma) Dusun 1 Ajan Jaya, Kampung Bengkulu Jaya, Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Waykanan, berinisiatif mengadakan aksi gotong royong bersih-bersih di lingkungan Masjid. 

“Aksi bersih-bersih kita kali ini dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadhan yang tinggal hitungan hari lagi, selain itu juga perlu kita pahami bahwa Masjid merupakan salah satu pusat ibadah bagi umat muslim, tempat berkumpul bagi para jamaah khususnya ketika melaksanakan ibadah, oleh sebab itu area masjid perlu dibersihkan agar setiap orang yang melaksanakan ibadah merasa nyaman,” ungkap Budi Santosa, S.H selaku ketua Risma Al-Ikhlas Kampung Bengkulu Jaya, Sabtu (3/4) 

Bacaan Lainnya


Berbekal kain lap, sikat, sapu, dan pel, mereka beraksi dengan semangat untuk membersihkan area masjid mulai dari halaman, tempat wudhu, hingga area dalam masjid. 

“Sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk membersihkan tempat ibadah menjelang ramadhan maupun saat mendekati Idul Fitri. Menjaga kebersihan masjid itu perlu kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada jamaah untuk melaksanakan ibadah, apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini,  tentunya kebersihan sangat ditekankan sebagai langkah untuk memutus mata rantai Covid-19,” bebernya. 

Lebih lanjut, Budi mengatakan, bahwa aksi bersih-bersih masjid tersebut sebagai upaya latihan bagi para remaja untuk bekerja dan mencintai masjid. 

“Selain wujud kecintaan pada masjid, kegiatan ini juga sebagai latihan bagi kita untuk bekerja agar dapat terus menjaga kebersihan,” imbuhnya. 

Terpisah, kepala kampung setempat, Nopiyana, mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok Risma tersebut, sekaligus  berharap agar kegiatan seperti itu terus dilakukan secara istiqomah serta berharap mendapat pahala dari Allah SWT. 

“Kegiatan seperti ini merupakan ladang pahala bagi kita, maka jika ambil bagian di dalamnya dengan niat kepada Allah SWT maka insyaallah akan bernilai ibadah, dan yang lebih wajivnya lagi adalah. Masjid ini difungsikan, bukan hanya dibersihkan,” tegas Nopiyana.(wk1/mlo)




Pos terkait