Sandiaga Uno: AKI 2021 Jadi Momen Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggali potensi ekonomi kreatif di Lampung melalui kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang berlangsung sejak 21-24 Oktober.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang  membuka event AKI 2021 di Mal Boemi Kedaton (MBK) Kota Bandarlampung, Sabtu (23/10), mengatakan, acara tersebut menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lampung pasca pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Harapan kita Lampung segera bangkit dan tadi kita canangkan Kopi Robusta yang sekarang mengalami peningkatan permintaan bisa kita tingkatkan nilai tambahnya,” kata Sandiaga Uno didampingi Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana.

Sandiaga Uno menuturkan ekonomi kreatif mampu menciptakan lapangan pekerjaan enam kali lipat lebih banyak, bukan hanya bagi petani kopi tapi juga kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif di Lampung.

“Ekonomi kreatif mampu mendorong kebangkitan ekonomi. Lampung dari segi geografis sangat dekat dengan Jakarta, dan Kota Bandarlampung menjadi pusat ekonomi kreatif,” tambahnya.

Menurut Sandiaga Uno, potensi ekonomi kreatif di Lampung jika dikemas akan menghasilkan terobosan-terobosan baru yang memberi peluang untuk ekonomi bangkit pasca pandemi.

Sementara itu Walikota Bandarlampung Eva Dwiana menyampaikan Pemkot setempat juga mulai menata kawasan pesisir untuk menjadi destinasi wisata.

“Respon dari pak Menteri luar biasa untuk pariwisata, apalagi pariwisata di pesisir yang akan mulai kita buat bulan depan,” ujar dia.

Pemerintah kota akan menata kawasan permukiman kumuh di pesisir Bandarlampung.

“Pemerintah tidak melakukan perubahan, hanya merubah bangunan yang kurang baik kita buat menjadi layak,” kata dia.

Apresiasi Kreasi Indonesia yang digelar di 16 kabupaten/kota se-Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi dan permainan.(*/mlo)

Pos terkait