Sanggar Seni di Pringsewu Gelar Pementasan Wayang Kulit Secara Virtual

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bila umumnya saat situasi normal semua digelar secara langsung, pergelaran wayang kulit pun kini ditampilkan secara virtual.

Salah satunya seperti yang dilakukan Sanggar Seni Swara Pringgodani Kabupaten Pringsewu yang menggelar wayang kulit dari Rumah Adat Jawa, Dusun Tambahmulyo, Pekon Wates Timur, Kecamatan Gading Rejo, kemarin malam.

Bacaan Lainnya


Pergelaran wayang kulit yang menampilkan dalang Ki Teguh Surono dan Ki Gunawan  mengangkat  lakon ‘Sirno Sukertone Bumi’ tetap berlangsung menarik.

Lakon yang ditampilkan Sanggar Seni Swara Pringgodani yang mementaskan wayang kulit dengan pemanfaatan IT mengandung makna hilangnya penyakit dari muka bumi,  ini menurut Wabup H. Fauzi selaras dengan apa yang menjadi harapan seluruh bangsa. Yakni segera berlalu atau hilangnya pandemi Covid-19 dari muka bumi.

“Kesenian wayang kulit merupakan salah satu seni budaya bangsa yang harus dilestarikan, karena  mengandung filosofi dan keluhuran nilai-nilai kehidupan,” ungkapnya.

Dalam sebuah lakon selalu mengandung filsafat dan mengajarkan budi pekerti serta ajakan melakukan kebajikan.

“Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian yang lebih intens terhadap seni budaya tradisional, termasuk wayang kulit ini akan terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Pringsewu,” tegas Fauzi.(sag/mlo)




Pos terkait