Saring Sampah di Kali Waykhua, Warga Nunyai Buatkan Jeruji 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk meminimalisir sampah yang menjadi faktor menyempitnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Waykhua di Kelurahan Nunyai, Kecamatan Rajabasa, Bandarlampung hingga menyebabkan banjir setiap kali hujan dengan intensitas yang tinggi.

Secara swadaya warga setempat membangun jeruji untuk menjaring sampah yang hanyut terbawa arus hingga menyumbat gorong-gorong. 

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui air kali tersebut datang dari Kecamatan Langkapura dan Kemiling, dan lokasi pemukiman yang kerap banjir di wilayah Nunyai, RT.02, RT.04 dan RT.06. 

Patria Hidayat, Warga setempat yang menjadi relawan buka tutup jeruji sampah mengatakan, karena besarnya volume air kiriman dari atas, menyebabkan gorong-gorong kaki itu tak mampu menahan debit air dan meluap.

Karena itu, mewakili warga pihaknya minta perhatian pemerintah melakukan penataan DAS kali tersebut termasuk penataan gorong-gorong.

“Kami juga telah mengajukan surat permohonan, kepada Dinas Pekerja Umum Bina Marga Bina Konstruksi  (PU-BMBK) Provinsi Lampung agar dapat memberikan bantuan penataan kali itu,” harapnya.

Sementara Lurah setempat, Darwono, bersama warga RT.04 membenarkan bahwa jeruji besi yang terletak di Jl. Pagar Alam tersebut, dibuat hasil dari swadaya masyarakat yang menelan anggaran Rp6 juta. 

“Jeruji inisiatif warga gun menyaring sampah supaya tidak masuk ke lorong,” terang Darwono. (ion/mlo)


Pos terkait