Sarpras P3 Kotaagung Akan Dibenahi

  • Whatsapp
Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Kotaagung tahun ini bakal dibenahi. Harapannya PAD dari P3 meningkat. - Foto rnn/mlo

Medialampung.co.id – Sarana Prasana (Sarpras) Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Kota Agung, Kabupaten Tanggamus tahun ini akan dibenahi.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (KUPTD) Wilayah III Kota Agung, Dinas Kelautan Provinsi Lampung Endro Basuki Prabowo, untuk pembangunan dan rehab areal P3 saat ini dalam proses tender proyek, dan perkiraan bulan April atau Mei sudah masuk pengerjaan.

Adapun sarana yang akan dibenahi dan direhab adalah bangsal pengepakan yang semula di bagian depan halaman tempat pelelangan ikan (TPI) dipindah kebelakang TPI memanfaatkan bangsal pemasaran ikan yang selama ini tidak ditempati pedagang ikan.

“Bangsal pemasaran dibelakang TPI yang kosong, kita jadikan bangsal pengepakan dan diperluas lagi bangunannya. Sedangkan bangsal pengepakan yang lama yang berada didepan TPI kita akan bangun dan di jadikan lapak lapak pemasaran ikan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Endro akan dibangun juga drainase areal pengepakan ikan, areal pemasaran ikan serta di TPI sendiri, sehingga kedepan air limbah ikan tidak lagi menggenangi areal P3 yang berimbas kekumuhan.

Selanjutnya halaman yang selama ini ditempati pedagang dan dijadikan lapak lapak tenda pemasaran akan dijadikan areal parkir serta taman pelabuhan.

“Tentunya kedepan akan lebih teratur, bersih, nyaman dan asri dengan pohon pohon yang akan kita tanam. Begitu juga parkir para pengunjung akan teratur dan rapih, sebagai usaha dan upaya kami meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

Endro juga menerangkan, dari pelabuhan perikanan Kota Agung cukup signifikan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) sejak berdirinya UPTD sejak tahun 2017 lalu, yang mana pencapaian PAD selalu melampaui target.

“Tapi ditahun kemarin karena terkendala cuaca ektrem, berimbas turunnya PAD dari target Rp250 juta hanya terealisasi Rp230 juta. Namun tahun ini kami optimis akan melampaui target lagi apalagi areal pelabuhan sudah kita benahi,” jelasnya. (ral/ehl/mlo)



Pos terkait