Satgas Covid-19 Balikbukit Tertibkan Prokes Pengunjung Kafe-Warung 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim gabungan satuan tugas (satgas) penanganan dan pencegahan Covid-19 Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat melakukan penertiban kafe atau warung di seputaran Kelurahan Pasarliwa, Sabtu (17/7) malam.

Operasi gabungan yang dilakukan di seputaran kawasan Taman Hamtebiu, Tugu Ara, kafe hingga warung tenda dan angkringan tersebut diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satgas Kecamatan, Satpol-PP serta para petugas kesehatan UPT Puskesmas Liwa.

Bacaan Lainnya

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Balikbukit Edi Jaya Saputra, S.S.T.P, M.S.i mengungkapkan, penertiban dilakukan untuk pencegahan dan antisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lambar. Selain pengunjung, pihaknya juga menertibkan jam operasional kafe dan warung yang sesuai surat edaran pemkab, diberi batas waktu operasional hingga pukul 21.00 WIB.

“Batas waktu buka warung atau kafe hingga pukul 21:00 Wib, batasan itu untuk mencegah kerumunan atau keramaian yang bisa mengakibatkan meningkatnya angka penyebaran Covid-19,” kata dia.

Kendati demikian, lanjut dia, terkait masih ditemukan warung dan kafe yang buka hingga diatas pukul 21.00 WIB, pihaknya memberikan imbauan agar pemilik atau pengelola benar-benar  menjaga protokol kesehatan (prokes) seperti menjaga jarak penempatan kursi pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, dan mengimbau seluruh pengunjung agar menggunakan masker.

“Kalau kita abaikan prokes dikhawatirkan kasus Covid-19 akan meningkat, apalagi di Balikbukit seperti di Kelurahan Pasarliwa, Waymengaku dan Pekon Sebarus masuk zona merah,” jelasnya.

Selain melakukan penegakan disiplin, tim juga berpatroli untuk menyerukan tentang imbauan penerapan protokol kesehatan agar masyarakat tidak kendor menerapkan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi aktivitas di luar rumah.

“Kemudian bagi masyarakat yang merasa kurang sehat atau bergejala demam batuk dan flu diharapkan agar dapat memeriksakan kesehatan ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena dengan bersikap kooperatif maka penyebaran wabah covid-19 dapat dikendalikan sehingga meminimalisir adanya korban,” pintanya.(edi/mlo)


Pos terkait