Satgas Covid-19 Imbau Pekon-Kelurahan di Pesbar Segera Rakor

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan tugas (Satgas) Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau seluruh Pekon dan Kelurahan di Kabupaten setempat untuk segera melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bersama Stakeholder tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di wilayahnya masing-masing.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan sesuai dengan instruksi bupati Pesbar No.466/1540/V.06/2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Salah satunya itu ditegaskan agar Peratin dan Lurah se-Kabupaten Pesbar untuk segera melaksanakan rakor di Pekon atau Kelurahan masing-masing dengan peserta Satgas penanganan Covid-19 tingkat Pekon atau Kelurahan, Satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, TP-PKK, Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh kesehatan dan karang taruna.

“Karena itu, kita kembali mengimbau seluruh Pekon dan Kelurahan untuk segera melaksanakan rakor bersama stakeholder tersebut,” katanya, Minggu (18/7).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar itu juga menjelaskan, dari hasil rakor nanti selanjutnya dituangkan dalam berita acara untuk disampaikan ke Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Pesbar. Dalam pelaksanaan rakor stakeholder PPKM berbasis mikro itu untuk menentukan dan memutuskan serta menyepakati kriteria zona penyebaran Covid-19 yang ada di Pekon maupun Kelurahan masing-masing.

“Misalnya, Pekon memutuskan bahwa wilayahnya masuk dalam zona merah sehingga itu harus ada kesepakatan bersama mengenai kegiatan apa yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan di zona tersebut,” jelasnya.

Begitu juga, kata dia, pekon ataupun Kelurahan dengan kriteria zona kuning, zona orange dan zona hijau yang disepakati itu harus membuat skenario pengendalian wilayah berdasarkan zona masing-masing. Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh Pekon dan Kelurahan agar secepatnya bisa melaksanakan rakor bersama stakeholder tersebut.

“Dari hasil rakor yang ada di seluruh Pekon dan Kelurahan nanti juga akan ditindaklanjuti kembali oleh Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten setempat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait