Satgas Covid-19 Pesbar Tindaklanjuti Aturan Terbaru PPDN

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pusat, telah menerbitkan peraturan terbaru terkait perjalan orang di dalam negeri yang tertuang dalam Surat Edaran No.22/2021, tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19, yang ditetapkan pada tanggal 2 November 2021.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan di Kabupaten setempat telah menerima surat edaran terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19 pusat. Intinya menegaskan surat edaran terbaru itu akan segera ditindaklanjuti ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar, dan seluruh Kecamatan, dan pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya surat edaran terbaru itu, diharapkan benar-benar dipatuhi oleh semua pihak terutama bagi warga yang akan melakukan perjalanan dalam negeri atau domestik,” katanya, Rabu (3/11).

Dijelaskannya, dalam surat edaran itu sejumlah regulasi terbaru mengatur tentang peraturan perjalanan orang dalam negeri dengan moda transportasi darat, laut dan moda transportasi udara. Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) ketentuan antara lain, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

Kemudian, pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di wilayah Pulau Jawa dan Bali serta perjalanan antar Kabupaten atau antar Kota di wilayah Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukan persyaratan kartu vaksin (minimal vaksin dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau kartu vaksin (vaksinasi dosis kedua) dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

“Begitu juga dengan pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara antar Kabupaten atau antar Kota di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan hasil negatif tes RT-PCR atau negatif rapid test antigen. Serta aturan lainnya,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam surat edaran itu juga pelaku perjalanan wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Untuk itu, diharapkan semua lapisan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Pesbar yang akan melakukan perjalanan dalam negeri agar mematuhi surat edaran dari Satgas Penanganan Covid-19 tersebut.

“Ketentuan pelaku perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19 ini mulai diberlakukan sejak surat edaran itu ditetapkan. Sehingga ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi masyarakat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait