Satgas Covid-19 Tebaliokh Tracing Warga dari Luar Daerah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Satgas Covid-19 di Pekon Tebaliokh, Kecamatan Batubrak , Kabupaten Lampung Barat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang baru tiba dari luar daerah, Rabu (14/7).

Pj Peratin sekaligus ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pekon Tebaliokh M Muslih menuturkan kegiatan pemeriksaan itu dilakukan untuk mewaspadai penyebaran wabah Covid-19 terutama bagi masyarakat yang baru kembali dari luar daerah.

Bacaan Lainnya

“Pemeriksaan yang dilakukan adalah sebagai bentuk upaya pencegahan, apalagi mereka datang dari wilayah yang status penyebaran Covid-19 terbilang tinggi seperti di beberapa daerah di Pulau Jawa,” jelasnya.

Selain intens melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap warganya, pihaknya juga terus menyerukan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan.

“Yang paling efektif dilakukan saat ini adalah dengan mengikuti arahan pemerintah, terutama dalam penerapan protokol kesehatan karena Itulah salah satu cara yang paling efektif dalam upaya pencegahan Covid-19 ini,” kata dia.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M terus mendukung upaya satgas pekon untuk melakukan screening atau pemeriksaan setiap warga yang baru tiba dari luar daerah.  

“Upaya ini sangat penting sebagai langkah pencegahan dan kami berharap Satgas Covid-19 tingkat pekon juga dapat melakukan pendataan riwayat kunjungan setiap warga yang datang dari luar daerah,” pintanya.

Disamping itu, pihaknya juga terus berharap peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat agar apabila memiliki sempat berkunjung keluar daerah diminta untuk melapor ke Satgas Covid-19 pekon agar lebih dulu dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Harus tetap patuh dan waspada akan penyebaran wabah ini dengan tetap menjalankan Prokes pada setiap aktivitas, dan diharapkan kesadaraan dan kepatuhannya juga bagi setiap warga yang baru kembali dari luar daerah agar dapat memeriksakan kesehatan ke Puskesmas atau menghubungi pihak Satgas Covid-19 di pekonnya,” harapnya.(edi/mlo)


Pos terkait