Satgas Kabupaten Monev Penanganan Covid-19 di Gedungsurian dan Waytenong

  • Whatsapp
Monev Satgas Covid-19 di Pimpin Ketua DPRD Lambar Edi Novial di Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian

Medialampung.co.id – Satgas pencegahan dan penanganan Covid-19, Kabupaten Lampung Barat, monitoring dan evaluasi dengan meninjau Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tingkat pekon dan kelurahan, diantaranya menuju Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Jumat (13/8).

Dalam monep tersebut timkab dipimpin Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom., bersama tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Pekon (DPMPP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar. 

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Peratin Trimulyo Buchori, S.P., menyampaikan jumlah warga yang terkonfirmasi (positif) Covid-19. Baik yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman), yang telah sembuh, maupun yang sudah meninggal dunia.

Pihaknya juga menyampaikan kendala yang dihadapi dilapangan yaitu kesadaran masyarakat yang masih rendah. Untuk, secara mandiri dan sukarela memeriksakan diri apabila mengalami gejala sakit. Dan karena itu dia mengharapkan adanya sosialisasi dan edukasi yang lebih mendalam dari Satgas Kabupaten Lambar.

Sementara Ketua DPRD Lambar Edi Novial, memberikan tanggapan dengan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh, satgas dan relawan pekon selama ini. 

Untuk itu Edi Novial berpesan agar koordinasi dan komunikasi antara Tim relawan tetap terjaga agar penanganan pandemi Covid-19 dapat berjalan maksimal.

Monev Satgas Covid-19 di Kecamatan Waytenong dialog bersama camat, lurah dan peratin di Kantor Kecamatan

Kegiatan serupa juga terpantau di Kecamatan Waytenong, bertempat di pendopo kantor kecamatan, Tim 4 Satgas Kabupaten Lambar dipimpin Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, H.Drs. Adi Utama, bersama Kadis Dukcapil Drs.Daman Nasir, M.M., dan anggota lainnya. 

Monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19, pertama dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajarbulan, rombongan berdialog dengan kepala UPT Puskesmas Pajarbulan Minarni, S.Km., M.Kes., dan para medis guna memastikan kesiapan, keadaan dan kendala pelayanan kesehatan di Kecamatan Waytenong.

Seperti kesiapsiagaan penanganan wabah pandemi Covid-19, mendata jumlah sasaran vaksin. Vaksin yang diterima dan masyarakat tervaksin, data jumlah terkonfirmasi, jumlah yang menjalankan isolasi, data sembuh dan data meninggal, serta ketersediaan obat-obatan, oksigen,alat swab antigen, serta ruang perawatan.

Setelah monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19 di puskesmas fajar bulan,tim langsung menuju Kantor Kecamatan dan berdialog dengan para peratin dan lurah sebagai ketua satgas Covid-19 tingkat pekon dan kelurahan.

Pada kesempatan itu peratin dan lurah diminta untuk tegas terkait penerapan peraturan PPKM level 4, sebagai ujung tombak pihak pekon diminta untuk cermat dalam menyikapi setiap persoalan di pekon, tetap tegas dengan cara yang Arif dan bijaksana, tetap fokus pada pencegahan dan membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) (r1n/mlo)


Pos terkait