Satgas Kebersihan Gotong Royong Bersihkan Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan Kelurahan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Jumat (7/8) bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di sekitar lokasi eks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Kuala Stabas.

Lurah Pasar Kota Krui, Sartono, mengatakan  gotong royong bersama masyarakat dan satgas kebersihan di Kelurahan itu diharapkan menjadi kegiatan rutin, terutama dalam menanggulangi persoalan sampah. Sebab hingga kini masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Bacaan Lainnya



“Seperti disekitar lokasi eks TPI, meski sudah sering diimbau hingga dipasang banner larangan membuang sampah. tapi masih saja masyarakat tetap membuang sampah disini,” katanya.

Kini satgas kebersihan bersama masyarakat membersihkan sekaligus mengangkut tumpukan sampah yang sudah berserakan itu. Terlebih, tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat itu berdekatan dengan aliran sungai dan pinggir jalan lingkar Kecamatan.

Selain di lokasi eks TPI itu, pihaknya juga akan terus memantau lokasi lain yang kerap dijadikan lokasi pembuangan sampah oleh masyarakat.

“Sampai sekarang kesadaran masyarakat memang masih sangat minim untuk membuang sampah pada tempatnya. Meski begitu kita tetap berupaya dan berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata dia, kegiatan pembersihan dan pengangkutan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat di sekitar eks TPI tersebut juga sebagai upaya untuk memberikan contoh dan menggerakan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih tentu akan berdampak pada kesehatan masyarakat.

“Kita berharap kesadaran masyarakat bisa lebih meningkat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena itu jangan sampai ditemukan lagi ada warga yang membuang sampah sembarangan seperti di sekitar eks TPI itu,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait