Satgas TMMD Sosialisasikan Bahaya Terorisme dan Paham Radikalisme

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-106 Komando Distrik Militer (Kodim) 0422 Lampung Barat (Lambar), bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lambar, memberikan penyuluhan tentang bahaya terorisme dan paham radikalisme kepada warga Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kamis (10/10).

Pasiter Kodim 0422 Lambar Kapten Inf Waniran menyampaikan, penyuluhan yang di berikan kepada masyarakat ini merupakan upaya dari TNI dan pemerintah untuk menekan pertumbuhan paham radikal di masyarakat.

Bacaan Lainnya



“Penyuluhan tersebut di tujukan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang bahaya terorisme dan paham radikalisme yang merupakan tindakan yang sangat bertentangan dengan hukum yang ada di Negara Indonesia yang sudah diatur oleh undang-undang dan pancasila,” kata dia.

Karena, lanjut dia, berbagai aksi teroris dan radikal perlu diwaspadi oleh masyarakat, dan apabila ada orang tidak dikenal yang mencurigakan sebaiknya segera lapor kepada pihak kepolisian sebagai antisipasi dan mencegah munculnya paham radikalisme di  daerah  setempat.

Selain itu, kata dia, satgas TMMD juga berpartisipasi  melakukan ronda malam bersama guna untuk menciptakan keamanan lingkungan. Ronda malam bersama warga yang dilaksanakan di pos kamling merupakan upaya untuk menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan, selain menjaga lingkungan ini juga di lakukan untuk menciptakan kebersamaan komunikasi dan mendekatkan antara prajurit TNI dengan masyarakat.

”TMMD bukan hanya tentang membangun sarana prasarana fisik, melalui TMMD Satgas juga berupaya menjalin keharmonisan bersama warga dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang tentunya bertujuan untuk membangun komunikasi sosial (komsos) antara prajurit TNI dan warga,” kata dia.

Dengan melaksanakan ronda malam di pos kamling, lanjut dia, TNI Satgas TMMD dan warga bersama-sama menciptakan rasa aman bagi masyarakat,  TNI dan warga juga sudah sepakat untuk melakukan patroli keliling kampung.

“Dengan adanya kegiatan ronda, satgas TMMD pun mengajarkan kepada warga tentang pentingnya menjaga keamanan di lingkungan guna mengantisipasi dan meminimalisir aksi kejahatan,” pungkasnya. (nop/mlo)



Pos terkait