Satker PJN Segera Lakukan Penanganan Jalan Berlubang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Lampung pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah II Lampung, Pejabat Pembuat Komitmen 2.3 Batas Provinsi Bengkulu-Simpang Gunung Kemala-Padang Tambak segera memperbaiki sejumlah titik ruas jalan nasional di dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Pejabat Pembuat Komitmen 2.3, Fedi Chandra, ST, M.Sc, M.Eng., melalui Koordinator Lapangan Rusmadi Gani, S.T., mengatakan awal November mendatang pihaknya mulai menangani titik jalan berlubang yang berada di dalam kawasan TNBBS.

Bacaan Lainnya


“Awal bulan depan kita akan melakukan penanganan sementara pada sejumlah titik jalan berlubang di dalam kawasan TNBBS, terutama pada ruas jalan Liwa-Krui yang sudah mengalami kerusakan cukup parah,” kata dia.

Dijelaskannya, sejak awal tahun lalu pihaknya sudah mengupayakan untuk penanganan pada jalan berlubang itu, karena tidak ada izin dari pihak TNBBS maka tidak bisa dilakukan, bahkan petugas sering kucing-kucingan dengan petugas TNBBS dalam melakukan perbaikan jalan yang rusak.

“Sejumlah titik jalan berlubang di dalam TNBBS itu sempat dilakukan penanganan, tapi hanya dilakukan penanganan sementara, karena untuk melakukan penanganan jalan di dalam TNBBS harus ada izin dari BB-TNBBS,” jelasnya.

Ditambahkannya, penanganan sementara yang akan dilakukan pada jalan berlubang itu, seperti dengan melakukan penimbunan menggunakan pasir dan batu (Sirtu), meski begitu tetap akan dipadatkan dengan bantuan alat berat.

“Rencananya akan dilaksanakan awal bulan depan, karena sejumlah titik jalan itu memang sudah mengalami kerusakan cukup parah, apalagi setiap hari ruas jalan itu ramai dilalui kendaraan dan jalan yang berlubang semakin dalam,” terangnya.

Menurutnya, tahun ini tidak anggaran yang disiapkan pada kontrak awal untuk penanganan ruas jalan di TNBBS itu, sehingga hanya akan dilakukan penanganan sementara, tapi pada tahun depan pihaknya akan melakukan penanganan maksimal pada ruas jalan yang mengalami kerusakan.

“Dengan adanya perjanjian kerjasama dengan BB-TNBBS itu, maka tahun depan akan kita siapkan anggaran untuk melakukan penanganan pada titik jalan rusak yang masuk dalam TNBBS,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait