Satlantas Sosialisasikan Operasi Patuh 2020 Melalui Peran Media

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan operasi patuh krakatau tahun 2020. Satlantas Polres Lampung Barat menggelar sosialisasi melalui pertemuan dengan puluhan awak media di anjungan rumah makan Sabah Bekhak Pekon Sebarus, Kecamatan Balikbukit, Senin malam (20/7).

Kasat Lantas AKP Bambang Dwi Setyawan, S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H, mengatakan dalam pelaksanaan operasi patuh tahun 2020, pihaknya mengimbau pengendara agar segera melengkapi dokumen kendaraan serta meningkatkan kesadaran dalam mematuhi tata tertib lalulintas.

Bacaan Lainnya



“Seperti halnya SIM merupakan kebutuhan pokok bagi pengendara, karena di Lambar saya perhatikan pembuatan SIM jumlahnya sangat sedikit atau hanya mencapai 20 pemohon setiap pekannya. Sementara saat saya bertugas di Polres Tulangbawang bisa mencapai 1000 keping per minggu,” ujar mantan Kanit Provost Polresta Bandarlampung itu.

Selain itu, sasaran operasi patuh adalah pengendara yang melanggar lalu lintas. Seperti melawan arah, kemudian kendaraan tak sesuai standar, surat-surat maupun kelengkapan berkendara seperti helm serta pelanggaran lain.

“Tentunya operasi tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas). Selama 14 hari itu para pelanggar akan kita lakukan penindakan,” jelasnya.

Namun, sebagai upaya preventif (pencegahan) pelanggaran, media memiliki peran strategis untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya tertib dalam berlalulintas untuk menurunkan tingkat pelanggaran lalulintas.

“Kami dari kepolisian menyadari akan pentingnya peran rekan-rekan media karena sesuai instruksi pak Kapolri kita harus menjalin komunikasi dan koordinasi, sebagai mitra dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat,” ungkapnya.(edi/mlo)



Pos terkait