Satpol PP Lambar Data Ulang Satlinmas di 15 Kecamatan

  • Whatsapp
Kasi Perlindungan Masyarakat Satpol PP Lambar Idwar Effendi, SE.

Medialampung.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lampung Barat saat ini tengah melakukan pendataan kembali anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang tersebar di 131 pekon dan lima kelurahan di kabupaten setempat. 

Kasi Perlindungan Masyarakat Idwar Effendi, SE., mendampingi Kasatpol PP Lambar Haiza Rinsa, SH., mengungkapkan, pendataan ulang ini mengingat data terakhir jumlah Anggota Satlinmas berdasarkan SK Bupati tahun 2019 sebanyak 2.994 orang dan memungkinkan banyak telah terjadi penggantian dan data belum terupdate. 

Bacaan Lainnya

“Update data ini tentunya melibatkan camat dan peratin. Kami minta data terbaru, apakah ada yang telah dilakukan penggantian atau tidak, dan sudah ada camat yang menyampaikan laporan, dan memang banyak yang telh diganti kemungkinan karena faktor usia dan lainnya,” ungkap Idwar, Kamis (4/2). 

Dijelaskan, tugas Satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri No.84/2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan Negara. 

“Seperti kita ketahui Lambar beberapa tahun kedepan akan menggelar Pilkada, karena itu persiapan khususnya yang menjadi kewenangan Satpol PP seperti pembentukan Satlinmas mulai dipersiapkan. Tidak hanya itu pada pandemi ini tentunya Satlinmas diharapkan bisa ikut andil bagian dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata dia. 

Lebih lanjut Idwar mengungkapkan, dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, Satlinmas memegang peranan mendasar. Satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat, ini dikarenakan akses Satlinmas yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah pekon dan beranggotakan masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan, dan tentunya harapan kedepan anggota Satlinmas bisa dipilih yang muda dan energik, serta mempunyai kemampuan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,” pungkas Idwar. (nop/mlo)


Pos terkait