Satpol-PP Lambar Mandikan dan Beri Pakaian ODGJ

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait adanya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang kerap berkeliaran di seputaran Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, maka tim gabungan yang terdiri dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) langsung melakukan pengamanan, Sabtu (13/3). 

Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol-PP Lambar Mujiran, S.H., mendampingi kasatpol-PP Lambar Haiza Rinsa, SH., mengungkapkan, dalam mengamankan ODGJ tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos), Camat Balikbukit Edy Jaya Saputra, S.STP., petugas puskesmas Liwa dan juga Bhabinkamtibmas. 

Bacaan Lainnya

“Awalnya ada laporan jika ada ODGJ yang kerap meresahkan masyarakat khususnya di Pasar Liwa, karena ia biasa nongkrong di halaman salah satu Ruko dan sering buang air kecil dan dahak sembarangan, jadi kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengamankan ODGJ dimaksud,” ungkap Mujiran.

Menurutnya, sempat terjadi kesulitan saat ODGJ tersebut akan diamankan, dan sempat melawan saat petugas membujuk agar ia mau menaiki mobil yang disiapkan, namun menolak dan justru marah sehingga petugas menangkap paksa.

”ODGJ ini cukup berbahaya, dan dikhawatirkan sesuai informasi yang kami terima bahwa ia membawa senjata tajam berupa gunting, jadi terpaksa kami paksa untuk ikut petugas dengan tangan kami ikat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menuju pemandian Way Sinda untuk disuruh mandi dan berganti pakaian,” kata Mujiran. 

Terusnya, ODGJ tersebut tidak bisa berkomunikasi dengan baik, bahkan untuk namanya saja tidak bisa diketahui, hanya menyebut kalau tempatnya berasal yakni Pulogadung, Jakarta. Sehingga pihaknya akan berupaya untuk menyebarkan informasi termasuk melalui sahabat seprofesi di Jakarta untuk melacak dan mencari keberadaan keluarga dari ODGJ tersebut.

”Tetapi ada kendala saat setelah kami mandikan dan kami berikan pakaian bersih, ia tidak mau ikut petugas di mobil yang memang sudah disiapkan, ia malah pergi ke arah Pesisir Barat,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait