Satpol PP Pesbar Lakukan Penertiban PPKM di Titik Keramaian

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan penertiban Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah titik keramaian di Kabupaten setempat, Senin (12/7).

Plt. Kasatpol PP-Damkar, Cahyadi Moeis, mengatakan penertiban PPKM itu  merupakan tidak lanjut dari instruksi Bupati Pesbar No.466/1540/V.06/2021, tanggal 8 Juli 2021 tentang PPKM berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19, yang juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Mendagri No.17/2021 dan juga Instruksi Mendagri No.14/2021 tentang PPKM berbasis Mikro.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan penertiban PPKM ini dilaksanakan di sejumlah titik keramaian seperti di pasar Way Batu, dan di sejumlah pasar tradisional lainnya yang ada di Kecamatan Pesisir Tengah,” katanya.

Selain itu, kata dia, juga dilaksanakan di sejumlah warung makan, toko pakaian, dan sebagainya. Pelaksanaan penertiban PPKM berbasis Mikro sesuai dengan instruksi Mendagri maupun bupati Pesbar tersebut diharapkan bisa meminimalisir penyebaran wabah Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Pesbar, yang hingga kini terus mengalami peningkatan. Sehingga, peran serta semua pihak sangat diharapkan untuk ikut mendukung penerapan PPKM tersebut.

“Kegiatan penertiban PPKM ini akan dilaksanakan secara rutin dan bertahap sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan, meski begitu kita berharap penerapan PPKM ini bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam penertiban PPKM yang dilaksanakan sementara ini dipusatkann di Kecamatan Pesisir Tengah. Karena itu mudah-mudahan kedepan bisa kembali dilaksanakan di wilayah Kecamatan lainnya. Sekaligus memantau pelaksanaan PPKM yang ada di Pekon. Sedangkan, dalam penertiban PPKM tersebut petugas Satpol PP Pesbar juga sekaligus memberikan imbauan dan arahan terhadap masyarakat terutama pemilik toko maupun warung makan dan juga pengunjung pasar agar tidak berkerumun dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Penertiban PPKM akan dilaksanakan rutin dengan sasaran di seluruh wilayah Kabupaten Pesbar ini. Sedangkan, terkait dengan sanksi untuk sementara ini belum diterapkan namun tidak menutup kemungkinan itu bisa diterapkan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait