Satu Ekor Gajah Liar Turun Gunung di Padang Cahya

  • Whatsapp
Petugas gabungan melakukan cek lokasi dan memantau aktifitas satu ekor gajah liar di Pekon Padangcahya Kecamatan Balikbukit Selasa (8/10). - Foto Doc Satpol-PP

Medialampung.co.id – Belum selesai masalah teror gajah di Pekon Roworejo dan Bandingagung Kecamatan Suoh Lampung Barat, masalah serupa juga terjadi di Pekon Padang Cahya Kecamatan Balikbukit. Diketahui, satu ekor gajah turun gunung tepatnya di Talang Cercahan, dan memasuki areal perkebunan warga untuk mencari makan, Selasa (8/10).

Teror gajah tersebut langsung disikapi oleh Pemkab Lambar melalui Satpol-PP dengan turun ke lapangan bersama dengan Polhut, KPHL, Bhabinkamtibmas, Mitra Polhut, dan pihak TNBBS, serta aparat pekon setempat.

Bacaan Lainnya



Kabid Penegakan Perda dan Perbub Sukardi, S.H, M.H., mendampingi Plt. Kepala Satpol PP Lambar Muhammad Henry Faisal, S.H, M.H., mengatakan, dari hasil penelusuran tim di lapangan, telah diketemukan satu ekor gajah liar dewasa di lokasi belukar Talang Cercahan sedang memakan tumbuhan yang ada disekelilingnya.

“Berdasarkan laporan warga dan pantauan kami, gajah tersebut belum sampai merusak tanaman perkebunan atau rumah warga, karena jarak posisi gajah tersebut kurang lebih satu kilometer dari pemukiman warga,” ungkap Sukardi.

Dengan keberadaan gajah liar tersebut, kata dia, maka langkah-langkah yang diambil yakni mengarahkan masyarakat setempat untuk waspada dan berjaga-jaga. Pihaknya juga mengevakuasi dua keluarga yang rumahnya sangat dekat dengan posisi gajah saat ini.

“Kami menyarankan pihak TNBBS agar selalu berada di dekat lokasi untuk selalu memantau perkembangan dan pergerakan gajah tersebut. Kemudian, aparatur lainnya tetap bersiaga, apabila gajah melakukan pengerusakan agar segera mengambil langkah-langkah pengamanan warga,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait