Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Lampung Barat

  • Whatsapp
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Reihana.

Medialampung.co. id – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung juga sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Reihana menjelaskan pasien baru seorang wanita inisial S (48). 

Pasien adalah rujukan dari Rumah Sakit Umum Alimuddin Umar (RSUAU) Kabupaten  Lampung Barat pada 6 April 2020 ke Rumah Sakit Handayani Kabupaten Lampung Utara.

Bacaan Lainnya



Hasil pmeriksaan petugas Rumah Sakit Handayani, pasien harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM) karena juga mengalami histerektomi atau pengangkatan rahim yang dilakukan operasi pada 9 April 2020.

Pada saat itu dengan pertimbangan alamat pasien yaitu berasal dari Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat, sama dengan alamat salah satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, maka  perawat melakukan Swab tenggorokan dan hidung.

“Pasien tidak mempunyai riwayat perjalanan sebelumnya, hanya saja satu alamat dengan salah satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Pada 15 April 2020 hasil swab keluar dan hasilnya positif,” jelas Reihana.

Pada 16 April, pasien tersebut melakukan  rapid test dengan hasil negatif non reaktif. 

Tambahnya, saat ini pasien dalam kondisi baik dan sudah pulang dari rumah sakit, untuk  sementara tinggal di Bandarlampung karena menunggu penyembuhan luka operasi yang akan jatuh pada tanggal 25 April. 

Pasien juga melakukan isolasi di rumah dan melapor ke puskesmas setempat untuk dilakukan pemantauan selama 14 hari.

Jadi untuk update covid-19 pada 21 April 2020 Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 2.907 orang. Rinciannya, 2.253 orang selesai masa pemantauan 14 hari, 653 orang masih dalam pemantauan, dan satu ODP meninggal dunia.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 55 orang dengan rincian yang masih diisolasi di rumah sakit 15 orang, sudah negatif dan bisa pulang 33 orang.

Sementara untuk orang yang meninggal dunia dalam status PDP berjumlah tujuh orang.

Lalu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 27 orang. Rinciannya, dalam perawatan di ruang isolasi 12 orang, meninggal dunia lima orang, dan dinyatakan sembuh 10 orang. (ded/mlo)



Pos terkait