Satu Pegawai Puskesmas Biha Positif Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jumlah kasus terkonfirmasi Positif Coronavirus Disease (Covid-19), di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali bertambah satu kasus, yaitu salah satu pegawai di Puskesmas Biha, Kecamatan Pesisir Selatan.

Kepala Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengatakan terdapat lima orang pegawainya yang reaktif Covid-19 setelah dilakukan rapid test. Satu diantaranya sudah dinyatakan positif Covid-19 setelah ditindaklanjuti dengan swab test.  

Bacaan Lainnya

“Baru satu hasil swab test yang keluar dan hasilnya positif Covid-19, sedangkan empat orang lainnya masih menunggu hasil swab test. Kemungkinan besok baru keluar,” kata dia.

Dijelaskannya, keempat orang yang menunggu hasil swab itu kini masih menjalani isolasi mandiri, keempatnya juga termasuk orang tanpa gejala begitu juga dengan satu orang yang sudah dinyatakan positif.

“Lima pegawai Puskesmas itu berstatus Orang tanpa Gejala (OTG), saat ini kita sedang melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan para pegawai itu,” jelasnya. 

Menurutnya, dirinya belum dapat memastikan dimana para pegawainya pertama kali terpapar wabah Covid-19 itu, tapi dirinya menduga penularan terjadi saat melakukan pemeriksaan di Rutan Kelas IIB krui beberapa waktu lalu.

“Kami bingung, sebab pegawai itu bertugas di laboratorium, waktu pemeriksaan di Rutan Krui petugas kami ikut, memang di rutan sempat banyak yang terkonfirmasi positif, tapi belum bisa kita pastikan apakah dari sana atau dari luar,” terangnya.

Meski terdapat satu orang pegawai yang terkonfirmasi positif, namun pelayanan kesehatan di Puskesmas Biha tetap berjalan seperti biasa, hanya saja terjadi pengurangan jumlah pegawai yang bertugas setiap harinya.

“Petugas yang masuk hanya yang terjadwal piket. Pegawai yang tidak dalam jadwal piket melaksanakan work from home (WFH), hal itu untuk mengurangi terjadi kerumunan dan meningkatkan potensi penularan wabah itu,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait