Satu Pelaku Jambret di Pesbar Berhasil Ditangkap

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satu dari dua pelaku jambret berhasil ditangkap Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang terjadi di ruas jalan lintas barat (jalinbar) tepatnya di Pekon Bumi Waras Kecamatan Way Krui, sekitar pukul 13.00 WIB, Senin (26/4) kemarin.

Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol Muhidin mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., melalui Panit II Unit Reskrim Polsek setempat Ipda Kasiyono, S.E., mengatakan bahwa satu pelaku penjambretan yang berhasil ditangkap yakni AR (18) warga Pemangku Tapak Siring Pekon Bumi Jaya Kecamatan Sukau, Kabupaten Lambar. Sedangkan, satu pelaku lain yakni AG yang merupakan rekannya itu berhasil melarikan diri dan kini masih dalam pengejaran petugas.

Bacaan Lainnya

“Penangkapan pelaku berdasarkan Laporan Polisi No.LP/272-B/IV/2021/POLDA LPG/RES LAMBAR/SEK PETENG, tanggal 26 April 2021, dengan korban atas nama YF (17) warga Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balikbukit, Lambar,” kata dia, Selasa (27/4).

Dijelaskannya, kejadian tindak pidana pencurian dengan pemberatan dalam hal ini penjambretan itu terjadi pada Senin (26/4) kemarin sekitar pukul 13.00 Wib, ketika korban hendak pulang dari arah Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah menuju Liwa, Kabupaten Lambar dengan menggunakan sepeda motor yang berboncengan bersama temannya NM (saksi).

“Kemudian, saat di lokasi kejadian di ruas jalinbar tepatnya di Pekon Bumi Waras Kecamatan Way Krui, handphone milik korban dan saksi yang dipegang oleh saksi itu diletakan diatas paha sebelah kanan,” kata dia.

Selanjutnya, dari arah belakang korban, tiba-tiba datang pelaku berjumlah dua orang dengan mengendarai sepeda motor dan langsung mengambil dua unit handphone yang dibawa oleh saksi tersebut.

“Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp5 juta rupiah dan ketika itu juga korban langsung melapor ke polsek setempat,” jelasnya.

Sementara itu, setelah mendapat informasi adanya tindak pidana penjambretan tersebut Tim Dhemit unit reskrim Polsek Pesisir Tengah langsung melakukan pengejaran pelaku bersama warga sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berhasil mengamankan satu pelaku yakni AR, sedangkan AG berhasil melarikan diri. 

Berdasarkan keterangan pelaku AR, dirinya mengakui telah melakukan penjambretan bersama rekannya yakni AG yang bertugas mengendarai sepeda motor. 

Selain berhasil menangkap satu pelaku, juga berhasil diamankan barang bukti berupa dua buah Handphone merk Oppo A12 warna biru, dan Oppo A37 warna biru, serta satu unit sepeda motor Honda Beat warna hitam tanpa nomor polisi yang digunakan pelaku.

“Pelaku beserta barang bukti saat ini masih diamankan di Polsek Pesisir Tengah guna proses penyidikan lebih lanjut. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 ke 4 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” tegasnya.(yan/mlo)


Pos terkait