Sebagian Warga Tanggamus Masih Rasakan Getaran Gempa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hingga Jumat sore getaran gempa masih dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Tanggamus.

Getaran juga bervariasi mulai dari 1,7 magnitudo hingga 3,5 magnitudo dengan titik gempa di dalam laut Teluk Semaka Kabupaten Tanggamus Lampung.

Bacaan Lainnya

Menurut Kabid Kedaruratan, BPBD Tanggamus, Darsun, gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Tanggamus berdasarkan data dari BMKG sudah terjadi ratusan kali getaran, namun yang benar-benar dirasakan masyarakat ada delapan kali guncangan.

“Kekuatan gempa bervariasi antara 1-3 magnitudo dengan interval waktu tertentu. Hingga pukul 17.00 WIB ada delapan kali getaran yang dirasakan oleh masyarakat, yang merasakan tersebar di sejumlah kecamatan seperti Kotaagung, Limau, Gisting, Cukuhbalak, Ulubelu dan Sukoharjo, Pringsewu,” kata Darsun mewakili Kalak BPBD Tanggamus Ediyan M.Thoha, Jumat sore (2/7)

Dilanjutkan Darsun bahwa sementara berdasarkan pendataan tidak terdapat kerusakan.

“Sementara ini belum ada laporan kerusakan, kami akan terus pantau dan berkoordinasi dengan BMKG, TNI/Polri dan Basarnas,” ucap Darsun.

Masih kata Darsun bahwa, baik BMKG dan BPBD Tanggamus tidak bisa memprediksi kapan gempa berakhir.

“Kalau untuk itu, belum bisa diprediksi, kami sementara ini hanya bisa mengimbau agar tetap waspada dan tidak mudah percaya dengan berita yang belum tentu  kebenarannya,” pungkasnya.

Sementara berdasarkan hasil analisis BMKG seperti dikutip dari akun Instagram resmi BMKG Lampung menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter gempa kekuatan 3,6 magnitudo.

Episentrum gempa terletak pada koordinat 5,57 LS – 104,61 BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak 12 km Barat Daya Tanggamus-Lampung dengan kedalaman 2 Kilometer.

Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar lokal Semangko Barat.(rnn/ehl/mlo)


Pos terkait