Sebanyak 318 PTPS Pilkada Jalani Rapid Test

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tahun 2020 menjalani rapid test sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 yang dipusatkan di lima titik Kecamatan se-Kabupaten Pesbar, Jumat (27/11).

Ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah, mengatakan pelaksanaan rapid test yang diikuti oleh seluruh PTPS Pilkada se-Pesbar itu berdasarkan instruksi dari Bawaslu Provinsi Lampung, karena itu yang menyelenggarakan rapid test baik sarana prasarana dan pihak tenaga kesehatannya disiapkan oleh Bawaslu Provinsi.

Bacaan Lainnya


“Pengawas TPS yang di rapid test kita ada 318 orang dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesbar sesuai dengan jumlah TPS Pilkada serentak 2020,” katanya.

Dijelaskan, dari jumlah PTPS itu dengan rincian Kecamatan Bengkunat sebanyak 52 orang, Ngaras 18 orang, Ngambur 40 orang, Pesisir Selatan 47 orang. Kemudian, Krui Selatan 20 orang, Pesisir Tengah 35 orang, Way Krui 14 orang, Karya Penggawa 31 orang, Pulau Pisang enam orang, Pesisir Utara 20 orang dan Lemong 31 orang PTPS.

“Sedangkan untuk lokasi pelaksanaan rapid test dipusatkan di lima titik yakni di Kecamatan Bengkunat, Ngambur, Pesisir Selatan, Lemong dan Pesisir Tengah,” jelasnya.

Ditambahkannya, lima titik itu dipusatkan di sekretariat Panwascam, terkecuali yang ada di Kecamatan Pesisir Tengah dipusatkan di kantor Bawaslu Pesbar. Pihaknya saat ini juga masih menunggu hasil rapid test dari pihak tenaga kesehatan yang telah disiapkan Bawaslu Provinsi Lampung tersebut, tentu berharap semua PTPS yang telah menjalani rapid test itu hasilnya tidak ada yang reaktif dan tetap dalam kondisi sehat. Karena jika nanti hasilnya reaktif akan kembali di rapid test dan jika masih tetap reaktif maka PTPS yang bersangkutan itu akan diganti.

“Mudah-mudahan semuanya tidak ada yang reaktif, dan kita berharap agar semua pengawas, penyelenggara Pilkada dan semua lapisan masyarakat di Pesbar ini terhindar dari Covid-19 di Pilkada 2020 nanti,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait