Sebanyak 67 Napi Menghirup Udara Bebas

  • Whatsapp
Sebanyak 67 Napi Lapas Kelas II B Kotaagung dikeluarkan untuk menjalani Asimilasi dirumah masing-masing. Hal ini untuk mencegah penularan Virus Corona di lingkungan Lapas Kotaagung. Foto Lapas Kotaagung

Medialampung.co.id – Sebanyak 67 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotaagung menghirup udara bebas untuk menjalani asimilasi dirumah.

Dibebaskannya 67 napi tersebut sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 10 tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, setelah melalui proses Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Lapas Kelas II B Kotaagung.

Bacaan Lainnya



Ini merupakan gelombang kedua, sebelumnya 10 narapidana telah lebih dulu bebas Jumat kemarin. 

Pelepasan 67 napi tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kalapas Kotaagung Beni Nurrahman bersama Forkopimda dan jajaran Pemkab Tanggamus dihalaman upacara Lapas, turut hadir Kepala Balai Pemasyatakatan Pringsewu. 

Bagi, narapidana yang menjalani asimilasi dirumah, sesuai aturan maka tetap dalam pengawasan aparat hukum seperti Balai Pemasyarakatan (Bapas), Kejaksaan maupun Kepolisian sampai selesai masa pidananya.

Dalam sambutannya Kalapas Kelas II B Kotaagung Beni Nurrahman menyampaikan bahwa napi yang dipulangkan wajib mengikuti prosedur dan pengawasan dari Bapas, Kejaksaan dan Kepolisian dan dilarang untuk berkeliaran berkumpul sesuai instruksi pemerintah terkait pencegahan Covid 19. 

“Kepada pihak kepolisian, bapas dan jaksa kalau lihat mereka yang hari ini dibebaskan untuk menjalani asimilasi namun keliaran dengan berkumpul dan melanggar aturan dari pemerintah apalagi melakukan tindak pidana, maka silahkan diamankan,”tegas Beni. 

Selanjutnya Kepala Kejari  Tanggamus David P. Duarsa dalam kesempatan tersebut juga memberikan sosialisasi terkait aturan asimilasi dan Covid-19.

“Sampaikan salam untuk keluarga di rumah, semoga kita semua selalu sehat dan dapat membantu langkah-langkah pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 ini, “ucap David. 

Selesai acara pelepasan, selanjutnya 67 napi keluar pintu Lapas dan di depan pintu gerbang diperiksa kesehatan dan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan oleh Tim gugus tugas pengendalian Covid-19 Kabupaten Tanggamus dan terakhir diberikan Sosialisasi, dibagikan Masker serta Hand Sanitizer dari Polres Tanggamus. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait